Bagaimana Sistem POS Retail Membantu Meningkatkan Penjualan

image

Industri retail telah berkembang jauh; industri telah beralih dari mesin kasir ke sebuah sistem point of Sale (POS) berbasis cloud yang memungkinkan untuk mengelola penjualan di berbagai lokasi.

Bahkan, dengan teknologi yang tersedia untuk industri ritel saat ini, pemilik toko dapat menjalankan seluruh bisnis mereka hanya dengan laptop atau smartphone. Dengan menggunakan perangkat seluler dan sistem retail berbasis cloud seperti Turboly POS Online, pengecer sekarang memiliki kemampuan untuk menjual di mana saja di dalam toko mereka, di luar toko mereka (misalnya toko pop-up, pameran dagang atau acara), dan online selama 24/7.

Artinya, langkah pertama untuk berjualan di mana saja adalah menemukan software POS retail yang tepat untuk toko Anda. Berikut adalah fitur-fitur utama Sistem POS sehingga dapat dengan mudah mulai menjual di berbagai channel dengan efisien.

1. Manajemen Inventory Realtime

Menjual di beberapa saluran penjualan (misalnya di dalam toko, online, dan media sosial) mengharuskan pengecer untuk menjaga penghitungan inventory yang akurat secara menyeluruh. Jadi, apakah Anda memiliki inventory di toko, gudang, atau di acara pop-up/ pameran, Anda memerlukan cara untuk melacak jumlah yang ada dengan mudah. Namun, banyak sistem POS dirancang untuk menangani penjualan dan inventory hanya dalam satu saluran dan mengelola berbagai hal secara terpisah dapat menjadi semakin rumit, terutama saat Anda menambahkan saluran penjualan online atau beberapa lokasi fisik.

Sistem POS dapat membantu mengelola inventory di mana pun penjualan dilakukan atau dimana produk disimpan. Ini tidak hanya membuat pelacakan inventory lebih mudah, tetapi juga membuat pemenuhan pesanan di semua saluran lebih cepat dan lebih efisien.

Dengan teknologi cloud modern, pengecer dapat dengan mudah mengelola stok di semua lokasi dan saluran sekaligus membuat pembeli senang dengan meminimalkan kehabisan stok. Visibilitas stok lengkap berarti Anda dapat menyesuaikan kebutuhan pembelian saat penjualan terjadi (tidak hanya setelah kejadian) sehingga Anda selalu memiliki persediaan yang paling sesuai.

  1. Mengelola Data Pelanggan dengan Mudah

Teknologi POS cloud akan membantu Anda mengumpulkan dan mengelola data pelanggan di berbagai saluran penjualan. Ini sangat penting pasca-pandemi karena semakin banyak konsumen retail yang berbelanja di berbagai saluran.

Sebagian besar Sistem POS membantu Anda mengumpulkan informasi kontak yang mendalam baik untuk tujuan pemasaran maupun untuk membantu mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan. Dapat dengan cepat mengakses riwayat transaksi pelanggan memberi rekan retail kemampuan untuk menawarkan rekomendasi di tempat, meningkatkan peluang penjualan atas dan penjualan silang.

  1. Metrik dan Pelaporan Penjualan Terkonsolidasi

Selain mengelola inventory dan pelanggan, Sistem POS memberikan informasi berharga yang dapat digunakan pemilik toko untuk membuat keputusan berdasarkan data tentang bisnis retail mereka.

Sistem POS modern memudahkan untuk melihat data analitik di semua saluran penjualan, baik secara individu maupun di seluruh bisnis secara keseluruhan. Ini dapat membantu melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak, membantu toko menjadi lebih fleksibel dan cepat beradaptasi dengan perubahan di lingkungan retail. Pada saat yang sama, solusi Sistem POS harus memudahkan Anda untuk mengelola pajak penjualan di seluruh saluran penjualan.

Inilah yang harus dicari saat menilai opsi POS:

  • Data penjualan menurut setiap lokasi dan di semua toko
  • Laporan penjualan untuk penjualan online dan di dalam toko
  • Penjualan detail berdasarkan hari, minggu, dan bulan
  • Penjualan per karyawan
  • Laporan produk – untuk melihat apa yang dijual dan apa yang tidak
  • Pajak penjualan di semua saluran penjualan

Baca Juga : Mengenal Kembali Sistem Point of Sale (POS)

turboly.com