Lebih Mengenal Speciality Store Retail

image

Jika Anda berada dalam industri ritel dan melihat tren, berita, atau solusi Sistem Retail secara online, Anda mungkin pernah mendengar istilah “speciality retail”. Tapi mungkin Anda masih kurang jelas tentang definisi dan pemahaman apa itu toko speciality retail? Apa bedanya dengan toko retail biasa.

Apa itu toko speciality retail?

Toko speciality retail adalah toko ritel yang berfokus pada kategori produk tertentu, berbeda dengan retail yang menjual sejumlah besar kategori barang konsumsi. Ketika Anda memikirkan speciality retail, arahkan pikiran pada toko ponsel, suku cadang mobil/ motor, hingga dealer mobil.

Tapi mari kita perjelas: speciality retail bisa memiliki SKU dalam jumlah besar di toko dan membutuhkan alat ritel yang kuat untuk membantu mereka mengelolanya. Tetapi semua SKU mereka akan masuk ke dalam satu atau dua kategori produk. Misalnya toko oli, mereka menjual hanya 2 kategori misalnya Oli Mesin dan Oli Transmisi, namun menyediakan dalam berbagai varian dan merek. Untuk lebih memperjelas lagi misalnya toko Ponsel, mereka hanya menjual 1 kategori misalnya smart phone, namun dengan berbagai jenis merek dan type.

Berbeda dengan supermarket atau toko serba ada yang menawarkan banyak jenis barang dalam 1 tempat. Toko Speciality Retail menyediakan produk yang lebih spesifik dan spesialis. Meskipun demikian, toko speciality retail dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi pembelinya yang belum tentu bisa disediakan oleh toko serba ada/ supermarket.

Pengalaman Belanja yang Dipersonalisasi

Saat konsumen memasuki toko speciality retail, dapat diasumsikan bahwa mereka mencari sesuatu dalam kategori retail tersebut. Karena pedagang ini telah memilih untuk fokus pada satu atau dua kategori, mereka akan dianggap sebagai pakar produk. Sebagai konsumen, akan lebih mempercayai rekomendasi mereka daripada rekan toko dari toko lain.

Interaksi apa pun yang Anda lakukan di toko khusus ini. Di toko kosmetik, Anda akan berkonsultasi dengan Beauty Assistant (BA) untuk keahlian mereka tentang gaya tertentu, jenis kulit, dan perbedaan antara masing-masing merek yang berbeda. Di sisi lain, mungkin Anda bisa mendapatkan juga kosmetik yang sama di department store namun tidak akan akan didukung dengan pengetahuan mendalam tentang produk kosmetik.

Fokus pada Pelanggan

Perbedaan utama lainnya antara speciality retail dan ritel umum adalah pengalaman di dalam toko. retail khusus menempatkan nilai tinggi dalam menyediakan lingkungan ritel yang positif bagi pembeli. Pedagang multi-kategori memprioritaskan kenyamanan, memastikan pelanggan dapat menemukan semua barang yang mereka butuhkan secepat dan semudah mungkin. Pada toko Speciality Retail juga akan memiliki fokus pada tata letak toko yang ramping dan namun bedanya mereka akan dengan ramah menyambut pelanggan, membantu mereka dengan kebutuhan mereka, dan bahkan mungkin dapat memberikan saran yang bermanfaat berdasarkan pembelian sebelumnya. Tidak hanya itu, tetapi retail khusus dapat menawarkan fitur dan program bernilai tambah.

Tentu saja, setelah memilih untuk bermain dalam satu atau dua kategori pelanggan, retail khusus mengalami beberapa masalah. Mereka akan merasakan dampak dari setiap perubahan dalam kategori atau pasar mereka, lebih dari yang dirasakan oleh retail multi-kategori. Pemilik speciality retail kemungkinan akan merasakan tekanan dari retail umum, yang kemungkinan mengalahkan mereka dalam hal harga barang-barang yang ditawarkan retail khusus.

Tantangan utama yang akan dihadapi retail khusus adalah untuk menawarkan pengalaman lebih premium di dalam toko, yang dipersonalisasi dan disesuaikan dengan pelanggan, yang bergantung pada keahlian produk mereka. Layanan ini adalah keunggulan kompetitif mereka dibandingkan retail multi-kategori dengan harga lebih rendah, yang tidak dapat menawarkan keahlian yang dapat dan tidak akan pernah dapat ditiru oleh retail khusus dari pengetahuan produk dari pedagang khusus ini.

Toko Speciality Retail tetap akan menjadi pilihan utama, dan menjadi tujuan pembeli karena mereka menginginkan layanan yang lebih personal.

Baca Juga : 3 Manfaat Sistem ERP Membuat Speciality Retail Tetap Spesial

turboly.com)