image

Memilih Software POS Toko Ban yang Tepat

Keputusan yang salah dalam memilih Sistem point of sale (POS) untuk toko ban akan sangat merugikan. Tidak hanya kerugian dari sisi finansial, namun juga akan datang kerugian waktu, tenaga dan data yang tidak semuanya dapat dikalkulasi secara finansial.

Jadi, bagaimana menghindari kesalahan seperti itu?

Tidak perlu menjadi ahli software POS Bengkel untuk membuat keputusan yang baik. Diperlukan hanya pemahaman mendalam mengenai bisnis, masalah dalam bisnis dan tujuan yang ingin dicapai. Dalam membuat keputusan ketika memilih software POS bengkel ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor ini adalah fungsionalitas program/ sistem/ aplikasi bengkel, fleksibilitas, layanan support, teknologi, dan biaya. Inilah yang harus dipertimbangkan ketika mengevaluasi masing-masing area ini…

1. Fungsionalitas.

Apakah Sistem POS Bengkel memiliki fitur standar yang cukup baik? Jangan tertipu oleh daftar fitur tanpa pernah mencobanya. Software POS yang baik akan memiliki fitur standar dengan fokus kepada:

  • KEMUDAHAN PENGGUNA – Dapatkah seorang karyawan yang tidak terlatih yang tidak tahu apa-apa selain bisnis ban secara intuitif mengetahui cara menggunakan software POS?

  • KEAMANAN – Apakah software POS memiliki fungsi keamanan untuk mencegah fraud?

  • KEANDALAN – Apakah software POSnya stabil? Apakah data konsisten?

  • AKURASI – Apakah software POS membantu mencegah kesalahan posting atau kesalahan dalam perhitungan?

  • EFISIENSI – Apakah software POS memiliki cara sederhana dan tidak “ribet” sehingga mengurangi mengurangi waktu tunggu pelanggan dan memberikan cara kerja yang efisien?

Secara keseluruhan, software POS harus mudah dan nyaman digunakan.

2. Fleksibilitas

Dapatkah Anda dengan mudah memodifikasi software POS seiring dengan peningkatan kebutuhan? Software POS bengkel harus dapat menyesuaikan. Maksud disini bukan fitur custom, namun penyedia Software POS Bengkel haru memiliki tim pengembangan dan riset yang bagus untuk mendukung perkembangan bisnis.

3. Teknologi

Apakah software POS bengkel kompatibel dengan teknologi saat ini? Jaminan kompatibilitas di masa depan harus dipastikan, karena jika tidak dapat menimbulkan biaya extra untuk upgrade hardware/ software pendukung.

4. Biaya.

Saat memiliki dua opsi software POS bengkel untuk dipilih. Asumsikan kedua software memiliki fitur dan fungsi yang mirip. Ada solusi Sistem POS bengkel offline investasi pembelian putus yang ditambah dengan biaya maintenance tahunan dan yang satu Sistem POS Bengkel online yang menawarkan biaya berlangganan bulanan sudah termasuk biaya maintenance. Selain itu, jangan ragu untuk menanyakan apakah ada biaya tambahan untuk pelatihan, request fitur dan lainnya. Semua biaya harus dipastikan jelas diawal untuk menghindari adanya hidden cost.

Selain itu Sistem POS juga memiliki biaya tidak langsung yang terkait dengan tingkat stress pengguna, semakin ribet aplikasinya, dan tidak ada layanan support yang membantu akan menciptakan tingkat stress yang signifikan.

Baca Juga : 3 Langkah Sukses Mengelola Toko Ban

turboly.com