image

Mengelola Inventory Anda melalui Sistem Point of Sale

Penjualan ritel dan Inventory terhubung sangat erat, itulah sebabnya sebagian besar sistem Point of Sales Online / Sistem POS Online menawarkan fitur manajemen Inventory atau stock management system.

Spesifiknya akan bervariasi dari satu sistem ke sistem berikutnya, tetapi pada tingkat paling dasar, Sistem POS Online memungkinkan Anda untuk menyiapkan daftar produk yang mencantumkan SKU, tipe/ merk, dan jumlahnya masing-masing.

Untuk melakukan ini, Anda biasanya perlu memasukkan detail produk secara manual ke dalam sistem pembelian atau mengimpornya menggunakan file CSV, dalam hal ini Anda harus mengambil template dari vendor Sistem POS Online Anda.

Sistem POS Online menyediakan fitur yang lebih canggih seperti:

Manajemen Inventory multi-toko – Ini sangat penting jika Anda menjalankan lebih dari satu toko ritel. Anda ingin POS / sistem manajemen Inventory Anda memiliki kemampuan kontrol stok terpusat sehingga Anda dapat mengelola produk dari beberapa toko dari satu platform.

Idealnya, solusi Anda harus memungkinkan Anda mentransfer stok dari satu lokasi ke lokasi berikutnya, serta menghasilkan laporan untuk setiap toko.

Sangat sulit untuk mengelola toko pada sistem yang terpisah, jadi jika Anda memiliki bisnis ritel multi-outlet (atau Anda berencana untuk memperluas), pastikan Anda dapat melakukan semuanya dari satu solusi.

Manajemen Inventory multi-saluran – Sama halnya dengan retailer multi-saluran. Jika Anda menjual online dan di dalam toko, maka penjualan dan pergerakan stok Anda harus disinkronkan di semua saluran Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk memiliki pegangan yang lebih ketat pada Inventory Anda, sehingga Anda tahu persis apa yang Anda miliki dan di mana. Plus, Anda tidak akan mengambil risiko menjual produk secara online. Dari perspektif pelanggan Anda, tidak ada yang lebih buruk daripada memesan sesuatu secara online, hanya untuk mengetahui bahwa itu tidak tersedia di dalam toko.

Kontrol stok multi-saluran juga memungkinkan Anda untuk menawarkan layanan seperti beli online, ambil di toko, sehingga pembeli online Anda dapat memilih untuk mampir ke toko Anda untuk mendapatkan pesanan online.

Stock Opname – Melakukan penghitungan Inventory fisik secara teratur sangat penting untuk tetap berada di atas stok, jadi merupakan bonus yang bagus untuk memiliki sistem yang memiliki fitur pengambilan stok bawaan.

Reorder Point – Beberapa Sistem POS Online memungkinkan Anda mengatur level “stok aman” atau poin pemesanan ulang, yang secara otomatis menghasilkan pesanan stok setiap kali produk turun di bawah level yang telah Anda tentukan sebelumnya

Baca Juga : Tahapan Pembuatan Purchase Order Bagi Usaha Menengah

turboly.com