Mengelola Inventory Kosmetik di Beberapa Gudang

image

Jika inventory produk kosmetik dan kecantikan disimpan pada beberapa gudang, akan muncul tantangan dalam manajemen inventory multi-lokasi. Kehabisan stok di gudang dapat merusak alur kerja pemenuhan pesanan. Jumlah stok dan penjualan bisa terlalu mudah tidak sinkron. Akan butuh banyak waktu untuk menghitung stok untuk semua gudang tempat mereka disimpan.

Ada beberapa cara sederhana untuk membuat alur kerja manajemen inventory berjalan lebih lancar saat berurusan dengan banyak gudang. Penyesuaian ini dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menghitung stok, mengurangi kejadian kehabisan stok dan merampingkan transfer inventory Anda melalui rantai pasokan Anda.

Pertahankan jumlah stok terpisah per gudang

Manajemen inventory multi-gudang bisa menjadi kesalahan terbesar yang dapat terjadi dan salah satu kesalahan paling umum adalah menyimpan hanya satu jumlah stok per SKU, meskipun SKU itu ditemukan di beberapa lokasi. Dalam situasi ini, jumlah stok tunggal itu memberi akan sedikit informasi berguna. Kita bisa tahu berapa banyak unit yang miliki, tetapi tidak tahu bagaimana produk tersebut didistribusikan antar gudang. Ini berarti ada resiko tidak tahu kapan akan kehabisan stok di satu gudang, atau akan kelebihan stok di gudang lain.

Jika SKU disimpan di lebih dari satu tempat, tetap dicatat jumlahnya terpisah untuk setiap lokasi. Stok masih tetap bisa di kontrol untuk tujuan penjualan, tetapi juga akan memiliki informasi baru tentang kondisi inventory di seluruh gudang.

Bangun alur kerja pelaporan yang efisien

Stock Opname lebih awal dan sering kali merupakan cara terbaik untuk menghilangkan masalah inventory. Namun, menghitung seluruh stok gudang bisa menjadi tugas yang sangat memakan waktu. Itulah sebabnya sebagian besar tim gudang menghindari penghitungan stok terlalu sering.

Untuk menghindari keharusan melakukan penghitungan inventory penuh terlalu sering, dapat menerapkan penghitungan siklus pada jadwal yang lebih sering. Penghitungan siklus adalah proses yang melibatkan penghitungan porsi kecil barang dagangan sekaligus. Karena hanya perlu menyisihkan sedikit waktu untuk memeriksa setiap bagian, dapat memeriksa inventory lebih sering tanpa mengganggu operasional (penjualan).

Ada beberapa cara berbeda untuk mengatur alur kerja stock opname, tergantung pada kebutuhan. Misalnya produk fast moving dengan volume penjualan yang tinggi akan dilakukan stock opname lebih sering, atau cara lain dapat mengelompokkan bagian berdasarkan lokasi fisiknya di gudang. Bagaimanapun, kunci stock opname yang efektif adalah terus melakukannya sesering mungkin sehingga pelaporan akan selalu seakurat mungkin.

Kirim pesanan melalui gudang yang tepat

Jika produk dikirim dari beberapa lokasi, seperti gudang pusat atau gudang cabang, maka wajib tahu betapa sulitnya menjaga semua pengiriman tetap teratur. Bagian penting dari alur kerja multi-gudang adalah memastikan bahwa fasilitas yang tepat mengirimkan pesanan yang tepat. Bila dilakukan dengan benar, ini akan memastikan bahwa pelanggan menerima barang mereka secepat mungkin dan akan menghemat biaya untuk biaya pengiriman.

Dalam mengelola beberapa gudang Anda sendiri, mengirimkan pesanan secara efisien dari masing-masing gudang bisa menjadi sedikit lebih menantang. Sistem Inventory Management Online Turboly dapat mempermudah hal ini dengan memberi kendali penuh pengelolaan inventory di multi lokasi.

Baca Juga : Kesalahan Pengelolaan Inventory yang Sering Diabaikan

turboly.com