image

Mengelola Inventory di Bengkel Mobil

Persediaan di bengkel mobil adalah bagian penting dari bisnis. Persediaan mempengaruhi bagaimana modal dikelola, operasional, dan bahkan kualitas layanan yang dapat diberikan oleh bengkel mobil.

Manajemen persediaan yang baik harus menunjukkan seberapa akurat persediaan yang tersedia dengan permintaan pelanggan, kualitas suku cadang yang disimpan di bengkel, serta meminimalkan persediaan yang slow moving. Persediaan juga harus mendukung operasi efisiensi tinggi.

Berikut adalah cara terbaik untuk meningkatkan manajemen persediaan di bengkel mobil.*

Menggunakan Sistem Inventory Bengkel

*Salah satu prioritas utama adalah membuat sistem inventory bengkel harus memiliki : *

  • Mencatat dan bisa melacak semua pengiriman untuk memastikan sesuai dengan tanda terima pengiriman. Supplier dapat membuat kesalahan sehingga bagian gudang dapat mengetahui lebih awal dengan lebih mudah. Periksa apakah persediaan yang tiba dalam jumlah yang tepat.

  • Memiliki lokasi penyimpanan yang khusus. Ini membantu membuat keputusan reorder dan pencatatan penggunaan persediaan yang ada menjadi mudah. Dan jika pelanggan dapat melihat persediaan yang rapi, mereka pasti akan menghargainya. Sangat menyenangkan melihat suku cadang mobil yang mereka beli tampak dirawat, bukannya asal tumpuk dan tidak terawat. Dalam bisnis yang sangat kompetitif, hal-hal ini penting.

  • Selalu Mencatat pergerakan barang. Menerapkan cara pencatatan pergerakan persediaan. Ini bisa sesederhana buku catatan manual tetapi sistem otomatis harus mudah diterapkan bahkan di bengkel kecil. Dengan sistem pencatatan yang kuat, stok yang hilang akan sangat mudah dilacak kembali dan catatan sangat bagus untuk memeriksa bagaimana segala sesuatunya bergerak.

  • Catat Semua Informasi terkait Persediaan. Temukan cara untuk memastikan selalu membuat catatan persediaan. Menggunakan Software Inventory Bengkel atau Sistem point of sale (POS) Bengkel effort untuk mencatat semua informasi mulai dari pembelian, penerimaan, return, hingga kerusakan barang.

  • Jadwalkan Stock Opname berkala. Sekali sebulan atau berapa pun yang terbaik untuk bisnis, lakukan stock opname semua persediaan di semua lokasi penyimpanan dan pastikan semuanya diperhitungkan.

Ingat, manajemen persediaan adalah pekerjaan maraton bukan sprint sehingga membuat proses yang berkelanjutan.

Baca Juga : Memilih Software POS Toko Ban yang Tepat

turboly.com