Menggunakan Data untuk Mendapatkan Lebih Banyak Penjualan dan Pelanggan

image

Dalam bisnis termasuk ritel menggunakan data untuk analisa merupakan hal yang sangat penting. Dari sebuah data yang akurat keputusan yang diambil akan lebih tepat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi, kepuasan pelanggan yang lebih baik, dan memiliki bisnis ritel yang lebih baik secara keseluruhan.

Ada kalanya mengalami kesulitan dalam mendapatkan data yang akurat disebabkan karena tidak memiliki alat yang tepat untuk mengumpulkan dan memanfaatkan informasi. Atau mungkin memiliki alat, tetapi tidak tahu cara menggunakannya secara maksimal. Maka, mulailah mempertimbangkan hal berikut:

Software Point Of Sale (POS)

Umumnya sistem point of sale hanya digunakan untuk mencatat penjualan, padalah sebagian besar Software POS modern saat ini hadir dengan fitur pelaporan yang dapat menjelaskan data dalam bentuk matrik penting seperti margin keuntungan, volume penjualan , jumlah pelanggan, tren penjualan, dan banyak lagi.

Software Marketing

Jika bisnis Anda memilih untuk tetap berhubungan dengan pelanggan melalui email, pastikan untuk dapat melacak semua aktivitasnya. Kapan email dibaca, klik link tautan, hingga jam berapa pelanggan tersebut berinteraksi. Software marketing bukan hanya sebatas mengirim email pemasaran dan berhenti disana. Namun ada nilai tambah lain yang bisa dimanfaatkan.

Mengkombinasikan Laporan

Menganalisis hanya satu laporan seperti berfokus hanya pada satu pandangan dan tidak melihat gambaran besarnya dan tidak dapat sepenuhnya menghargai nilai dari apa yang kita lihat.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari data yang kumpulkan, perlu melihat bagaimana data dan laporan yang berbeda berhubungan satu sama lain. Daripada melihat setiap laporan sendiri, lihat apakah Anda dapat mencampur dan mencocokkan laporan yang berbeda untuk informasi yang lebih dalam.

Luangkan Waktu untuk Menganalisa Pelanggan

Luangkan sedikit waktu berharga yang Anda miliki untuk menganalisa data dan laporan. Sehingga Pertanyaan tentang kapan pelanggan melihat suatu produk atau membeli sesuatu dapat memberikan informasi tentang apa yang mungkin mereka beli selanjutnya dan kapan.

Misalnya Toko Ritel Kosmetik Anda menjual paket skincare dan seorang pelanggan baru saja membeli paket tersebut. Dengan menggunakan data itu, Anda mungkin dapat memprediksi apa yang dia butuhkan bulan depan atau tiga bulan mendatang, dan Anda dapat membuat rekomendasi produk yang relevan.

Bisnis Retail yang ingin berkembang di masa mendatang wajib memiliki dan tahu bagaimana memanfaatkan data ke dalam keputusan mereka. Dengan menyiapkan Software Retail online yang tepat dan mempelajari cara menganalisa data, maka pengetahuan dan informasi dapat diperoleh akan membuat semuanya berharga.

Baca Juga : 6 TREN TEKNOLOGI MENGUBAH MASA DEPAN INDUSTRI RITEL

turboly.com