image

Mengontrol Inventory Menggunakan ABC Analysis

Bagi banyak bengkel mobil, memiliki begitu banyak jenis / tipe barang berbeda dalam stok untuk dapat melayani lebih banyak kebutuhan pelanggan. Ini juga berarti inventory yang terus bertambah yang bisa cukup menantang untuk dikelola. Dalam Sistem Inventory ada salah satu fungsi dan laporan dengan nama ABC Analysis.

ABC Analysis adalah metode penilaian inventory yang telah digunakan dan diuji dan menyederhanakan bagaimana respon pengisian ulang dan mengelola persediaan di dalam bengkel. Dalam implementasinya ABC Analysis dapat mulai melakukan ini dengan memisahkan inventory ke dalam kategori berikut:

KATEGORI A: Barang-barang yang sangat diminati dan mungkin penting bagi bisnis (misalnya: oli mesin, filter, dll). Ini biasanya menghasilkan hingga 70% dari penjualan.

KATEGORI B: Barang-barang yang diminati tetapi cukup begitu penting di grup A. Ini adalah barang-barang kelas menengah yang juga menambah nilai bisnis tetapi tidak hanya di tingkat kategori sebelumnya (misalnya: wiper kaca depan, bohlam pengganti lampu depan).

KATEGORI C: produk di sini adalah produk yang tidak cukup laku, namun bagus sebagai pelengkap untuk dimiliki tetapi mungkin memiliki permintaan dan dampak minimal terhadap bisnis Anda.

Setelah mengkategorikan seluruh inventory ke dalam hal di atas, akan lebih mudah untuk membuat strategi keseluruhan daripada melakukannya per produk.

Misalnya, Anda dapat membuat aturan untuk memiliki stok setidaknya dua minggu untuk produk di Kategori A setiap saat dan hanya seminggu untuk produk di Kategori B.

Jika Anda ingin meningkatkan strategi pembelian Anda, Anda juga dapat fokus pada Grup A untuk membuka manfaat terbesar bagi bisnis Anda.

Jelas, ada batasan untuk sistem ini. Satu: ini dapat menyederhanakan cara kerja seluruh inventory. Sementara ABC Analysis mudah dilakukan, mungkin tidak terlalu memperhitungkan kompleksitas bisnis dan hubungan dengan pelanggan.

Hal lain adalah bahwa itu tidak reaktif. Dengan mendasarkan data historis dan menjadi cukup sederhana, fungsi ini memiliki aplikasi minimal dalam memprediksi permintaan atau menemukan perubahan permintaan yang mungkin perlu direspon (misalnya, lonjakan permintaan wiper saat masuk musim hujan)

Sistem Inventory Turboly menyediakan sebuah platform untuk membantu mengelola inventory Anda terutama proses pengadaan suku cadang mobil.

Sistem Inventory Turboly memiliki keahlian dan menggunakan teknologi untuk menciptakan sistem yang akan membantu bengkel mobil memilih supplier terbaik dan suku cadang mobil terbaik di pasar dalam hal kualitas, keandalan, kompatibilitas, dan nilai.

Baca Juga : Barcode dan Inventory Management

turboly.com