Mengembangkan Bisnis Retail dengan Sistem POS

image

Sistem point of sale (POS) merupakan salah satu alat terpenting yang wajib dimiliki di toko retail. Dimulai saat penjualan dan menerima pembayaran hingga melacak inventory dan menyimpan data pelanggan, sistem POS yang tepat dapat membuat bisnis ritel berjalan cepat dan stabil untuk meraih keberhasilan.

Sistem POS adalah sebuah alat bantu yang keberhasilannya akan bergantung kepada orang yang menggunakannya. Itulah mengapa penting bagi fase training saat akan mulai menggunakan sistem POS untuk mengetahui seluk beluk Sistem POS sehingga dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Setiap Sistem POS berbeda memiliki jenis sesuai dengan jenis industri dan bisnisnya, jadi tidak ada satu cara yang tepat tentang bagaimana menggunakan sistem POS. Tetapi sebagian besar Sistem POS modern saat ini memiliki fungsi umum serupa yang harus ketahui.

Artikel ini akan menjelaskan beberapa fitur penting dan memberikan tips tentang cara mendapatkan hasil maksimal dari solusi point of sale.

Cara menggunakan sistem POS untuk meningkatkan penjualan

Fungsi utama POS Anda adalah untuk mencatat penjualan, jadi perlu untuk membiasakan diri dengan tampilan menu dan fungsinya. Meskipun setiap solusi berbeda tapi Sistem POS secara umum saat melakukan penjualan menggunakan langkah-langkah berikut:

Menambahkan produk

  • Scan barcode produk atau
  • Mencarinya produk dari menu search/ pencarian
  • Setelah itu menyesuaikan jumlahnya tergantung pada berapa banyak unit yang dibeli pembeli.

Menerapkan diskon – Jika Anda menjalankan promosi atau ingin menerapkan diskon ke produk atau keseluruhan dalam satu transaksi

Menerima pembayaran – Ini adalah bagian dimana mencatat pembayaran pembeli. Standart Sistem POS memiliki jenis pembayaran tunai/ cash hingga kartu kredit, sehingga proses menerima jenis pembayaran ini cukup mudah.

Sistem POS juga akan memberikan opsi pembayaran lainnya juga tersedia seperti :

  • Voucher – Jika toko menjual voucher, pastikan voucher tersebut terintegrasi dengan Sistem POS sehingga dapat menerimanya sebagai bentuk pembayaran. Beberapa Sistem POS seperti Turboly POS memiliki fitur mendaftarkan voucher mitra jadi voucher tersebut dapat dianggap sebagai pembayaran.

  • Customer on Account/ Paylater – Sesuai namanya, Paylater adalah layanan yang memungkinkan pelanggan membawa pulang barang segera dan kemudian membayarnya dengan di kemudian hari tanpa kartu kredit.

  • Loyalitas – Jika Toko Retail memiliki program loyalitas, juga dapat mengambil poin loyalitas atau hadiah sebagai bentuk atau pembayaran.

Baca Juga : Pentingnya Perubahan dalam Sistem POS

turboly.com