Kenali Kebiasaan yang Menyebabkan Selisih Stok

image

Stok barang persediaan merupakan asset perusahaan yang harus dikelola dengan baik dan benar, karena sekecil apapun kesalahan dalam pengelolaannya dapat mempengaruhi proses operasional perusahaan. Mengelola stok persediaan tidak mudah karena dibutuhkan sistem inventory untuk mengelolanya.

Masalah umum yang sering terjadi dalam aktivitas pengelolaan stok persediaan di gudang ataupun toko adalah selisih stok. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dan dihindari dengan mudah jika diketahui penyebabnya. Nah, dalam artikel berikut kami ingin membagikan penyebab-penyebab terjadinya selisih dalam pengelolaan stok persediaan di gudang dan toko:

Tidak Disiplin dalam Melakukan Stock Opname

Kurang atau tidak disiplin dan konsisten dalam melakukan pengecekan fisik atau stock opname atas stok barang yang dimiliki. Barang yang tersimpan di gudang atau toko tidak akan selalu dalam kondisi prima. Hal ini disebabkan ada nilai penyusutan yang terjadi , barang rusak atau barang hilang. Masalah ini bisa diatasi dengan disiplin melakukan stock opname secara konsisten.

Melakukan Proses Manual

Proses pengelolaan stok persediaan secara manual tidak efisien dan bisa menyebabkan banyak masalah akibat human error sehingga, bisa menyebabkan selisih stok dalam gudang dan toko. Untuk itu, perlu untuk mulai otomatisasi dengan menerapkan pengelolaan secara online menggunaan Sistem Inventory Online agar lebih efisien dan maksimal.

Lemah dalam Pencatatan Pergerakan Barang

Hal lainnya yang dapat menyebabkan selisih stok adalah pencatatan data akan barang yang diterima dan keluar tidak sesuai. Karena itu, pencatatan barang yang keluar atau masuk harus dicatat dengan benar agar tidak terjadi adanya perbedaan data yang diterima sehingga, persediaan barang bisa terpantau dengan baik.

Stock Opname Hanya Sebagai Formalitas

Melakukan stock opname bertujuan untuk melakukan pengecekan fisik dan mengantisipasi kerugian. Stock opname juga bertujuan untuk mengontrol barang yang ada. Jika stock opname dilakukan hanya sekedar formalitas tanpa pemeriksaan yang detail akan menghasilkan kesalahan data. Perlu ditekankan kepada semua staff yang melakukan stock opname bahwa data stock opname akan dijadikan acuan dari perusahaan untuk mengambil keputusan terkait stok persediaan.

Baca Juga : Permasalahan dalam Stock Opname

turboly.com