Apa Itu Program Loyalitas Kosmetik dan Kecantikan

image

Program loyalitas kosmetik dan kecantikan adalah bagian dari reward program, yang dirancang untuk menjawab tantangan yang dihadapi industri ini. Secara vertikal ini ditandai dengan frekuensi pembelian yang tinggi tetapi nilai pembelian yang rendah, program hadiah kecantikan dilengkapi dengan fitur yang menghasilkan keterlibatan jangka panjang, sekaligus mendorong pelanggan untuk lebih bereksperimen dengan produk kelas atas.

Karakteristik penting lainnya dari program semacam itu adalah penekanannya pada pemberian fisik. Sementara perusahaan di industri lain cenderung sangat bergantung pada kupon atau diskon sebagai hadiah, merek kecantikan memiliki kebebasan untuk menyisipkan lipstik ke pesanan pelanggan sebagai hadiah Kejutan & Kesenangan, atau menawarkan sampel parfum atau masker rambut sebagai bonus sambutan saat mencapai tingkatan yang lebih tinggi.

Last but not least, merek kecantikan dan kosmetik memiliki kehadiran offline yang signifikan, sehingga program loyalitas kecantikan terbaik di industri ini memiliki berbagai kemampuan omnichannel, yang meningkatkan keterlibatan di dalam toko dan seluler.

Dengan tantangan dan kemampuan inti yang dijelaskan, inilah saatnya untuk melihat bagaimana fitur yang paling menarik bekerja untuk program loyalitas kosmetik dan kecantikan.

Hasilkan & redeem, tingkatan, keuntungan

Program loyalitas dapat beroperasi dalam berbagai cara, tergantung pada tujuan dan KPI. Sistem pengumpulan poin tradisional (juga dikenal sebagai dapatkan & redeem) cepat diterapkan, mudah digunakan untuk member, dan mendukung identifikasi pelanggan. Sistem tiering sangat ideal untuk menciptakan pengalaman yang sangat bertarget, belum lagi mereka dapat mencegah anggota beralih ke merk lain. Adapun manfaat yang selalu tersedia (disebut benefit), paling mudah untuk dikelola dan direkomendasikan jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan rasa syukur dan cinta merek.

Akses awal ke produk

Memberi anggota program loyalitas akses ke produk terbatas atau yang akan datang adalah hadiah terbaik yang dapat Anda berikan. Mereka yang berhak atas akses awal merasa dihargai, sementara fitur itu sendiri menghasilkan perasaan VIP, mendorong pelanggan lain untuk meningkatkan pengeluaran mereka sehingga mereka juga bisa mendapatkan akses. Itulah mengapa praktik terbaik untuk memesan akses awal ke anggota tingkat tinggi atau membuat grup orang dalam di sekitarnya.

Hadiah ulang tahun

Mengirimkan hadiah kepada pelanggan saat mereka tidak mengharapkannya adalah cara yang pasti untuk memenangkan hati mereka. Hadiah ulang tahun adalah contoh utama: memberi pelanggan beberapa poin loyalitas melalui email, atau menyelipkan sampel produk bonus ke pesanan terbaru mereka jika mereka melakukan pemesanan selama bulan ulang tahun mereka. Hal yang sama dapat dilakukan untuk merayakan hari jadi keanggotaan juga.

Double/ Triple Point untuk kategori produk atau toko khusus

Manajemen penawaran adalah fitur yang ditawarkan oleh banyak penyedia program loyalitas untuk membuat hidup para eksekutif CRM dan pemasar lebih mudah. Sederhananya, sistem memungkinkan merek untuk mengatur dan mengelola berbagai kampanye, berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Baca Juga : MEMPERTAHANKAN KEPATUHAN BPOM UNTUK PELABELAN KOSMETIK

turboly.com