Bagaimana mengelola persediaan konsinyasi

image

Persediaan konsinyasi adalah strategi distribusi atau perjanjian bisnis di mana pengirim (yaitu, grosir, pemasok, produsen) memberikan barang kepada penerima (yaitu retailer) untuk dijual.

Pengirim masih memiliki produk dan penerima hanya akan membayarnya setelah produk terjual.

Misalnya, retailer dapat membuat perjanjian konsinyasi dengan distributor kosmetik dan setuju untuk menjual kosmetik ke toko retail. Retailer hanya akan membayar barang yang dijual, dan sisanya akan dikembalikan ke distributor.

Dilakukan dengan benar, pengaturan persediaan konsinyasi dapat memberikan situasi win-win bagi kedua belah pihak.

Pada tahap ini, saat sudah memiliki kesepakatan dan siap untuk menjual barang konsinyasi di toko ritel.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk membantu memastikan kontrol persediaan yang lancar saat Anda menjual produk konsinyasi.

Gunakan metode yang tepat untuk melacak penjualan dan persediaan konsinyasi

Pencatatan akuntansi dan manajemen persediaan konsinyasi cukup unik, terutama jika menjual kombinasi barang konsinyasi dan non-konsinyasi. Jika model bisnis ritel menggunakan gabungan keduanya, mungkin berguna untuk melacaknya secara terpisah.

Melalui Sistem Turboly memiliki perlakukan setup produk SKU yang terpisah antara produk konsinyasi dan produk non-konsinyasi, sehingga Anda dapat melacaknya dengan mudah. Sistem Turboly juga membantu dalam mengalokasikan persentase margin/ komisi yang diterima secara otomatis tanpa perlu proses manual yang rentan akan kesalahan manusia.

Menggunakan Sistem Manajemen Persediaan

Cara terbaik untuk tetap menjaga stok konsinyasi adalah dengan mendigitalkan sistem akuntansi dan persediaan. Jika dibandingkan dengan menggunakan excel untuk melacak dan mengelola persediaan, mengimplementasikan sistem manajemen persediaan berbasis cloud akan menyederhanakan entri data, pelacakan, dan pelaporan.

ERP Software Turboly adalah platform lengkap untuk mendukung bisnis konsinyasi, mulai dari distribusi barang dari consignor ke consignee, manajemen produk dan persediaan hingga ke penjualan baik ritel ataupun wholesale.

Baca Juga : Strategi Penjualan Konsinyasi

turboly.com