Catatan Perawatan Kendaraan

image

Merawat kendaraan sangat penting untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi baik. Memiliki jadwal perawatan rutin dapat menghemat biaya perawatan dan juga menghindari kerusakan besar.

Bagi sebagian orang, merawat kendaraan juga akan mempertahankan nilai jual kembali, sehingga harga jual akan tetap stabil saat ingin melepasnya. Selain merawat kendaraan, penting untuk memiliki dan mengikuti catatan perawatan kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Di bawah ini adalah beberapa alasan utama mengapa menyimpan catatan perawatan kendaraan sangat penting.

Menyimpan Catatan Perawatan Kendaraan Akan Membantu Anda Melacak

Catatan perawatan yang akurat, membuat kita jadi tahu pekerjaan apa yang telah dilakukan pada kendaraan dan kapan. Tidak perlu bertanya-tanya berapa KM yang telah berjalan sejak oli diganti atau saat teknisi melakukan pemeriksaan terakhir. Ini juga memudahkan untuk mengikuti kapan Anda perlu membawa kendaraan untuk diservis.

Ini Membantu Meningkatkan Nilai Jual Kembali

Ketika tiba saatnya untuk menjual atau menukar kendaraan baru, memiliki catatan perawatan akan membantu meningkatkan nilai jual kembali. Kebanyakan orang ragu membeli mobil bekas karena mereka catatan historis perawatan pemilik sebelumnya. Memiliki catatan akan membuktikan bahwa telah merawat kendaraan dengan baik dan calon pembeli akan lebih mungkin membayar harga yang diminta.

Bagi orang awam, catatan perawatan kendaraan tampak seperti banyak masalah, apalagi jika kendaraan sudah dimiliki selama beberapa tahun. Untuk menjaga catatan tetap rapi dan teratur siapkan satu tempat khusus untuk menyimpan catatan perawatan kendaraan dengan baik. Bagi bengkel mobil atau bengkel motor, juga penting untuk menyimpan catatan perawatan kendaraan ke dalam satu Sistem Point of Sale (POS) Bengkel.

Baca Juga : 3 Langkah Sukses Mengelola Toko Ban

turboly.com