image

Cloud Accounting Mengubah Sistem Akuntansi

Dalam beberapa dekade terakhir, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam penggunaan teknologi cloud. Cloud computing telah memainkan peran penting dalam transformasi mulai dari institusi pendidikan menjadi perusahaan manufaktur dengan menyempurnakan proses internal mereka dan menjadikannya lebih kompetitif.

Demikian pula, teknologi cloud membawa banyak manfaat bagi akuntansi perusahaan juga. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjadi lebih produktif dan efisien, dengan peningkatan kualitas layanan. Teknologi cloud saat ini telah secara dramatis mengubah sistem akuntansi yang dulunya cenderung kaku dan membuatnya jauh lebih fleksibel.

Berikut adalah lima cara di mana teknologi cloud mengubah sistem akuntansi :

1. Aksesibilitas Sepanjang Waktu

Dalam sistem akuntansi konvensional, Anda tidak dapat mengakses data dan aplikasi Anda dari jarak jauh, karena semuanya terpasang di satu perangkat tertentu. Ini membatasi aksesibilitas karyawan, mengharuskan mereka untuk hadir secara fisik di kantor. Selain itu, bahkan jika perusahaan menyediakan perangkat portabel seperti laptop, perangkat tersebut dapat hilang atau rusak secara tidak sengaja, yang menyebabkan kerugian finansial dan data. Cloud accounting memungkinkan Anda untuk mengakses data dan sistem akuntansi dari mana saja, kapan saja, dari perangkat apa pun. Tidak seperti sistem akuntansi konvensional, Sistem Akuntansi berbasis cloud tidak bergantung pada perangkat dan memungkinkan mengakses menggunakan perangkat apa pun untuk bekerja dari jarak jauh.

2. Kolaborasi Antar Staff Keuangan dan Akuntansi

Karena akuntansi dan keuangan adalah profesi data yang luas, kolaborasi dengan sesama staff keuangan dan akuntansi sangat diperlukan. Namun, sebagian besar staff keuangan dan akuntansi berkolaborasi secara tradisional dan menggunakan email untuk mengirim data. Ini tanpa disadari memperlambat mereka, karena mereka harus terlebih dahulu menunggu untuk menerima data yang bersangkutan, posting ulang, dan kemudian mengirimkannya kembali ke rekan kerja mereka. Dengan sistem akuntansi berbasis cloud, yang mereka butuhkan hanyalah mengunggah data dan memberikan aksesnya kepada para pemangku kepentingan. Semua pemangku kepentingan mengakses database terpusat dan membuat perubahan yang diinginkan. Perubahan ini tercermin secara instan di server cloud. Dengan cara ini, staff keuangan dan akuntansi tidak perlu terjebak dalam pertukaran data yang berulang saat bekerja bersama dan berkolaborasi dengan lancar.

3. Sistem Keamanan Tingkat Tinggi

Sebuah perusahaan pembukuan berurusan dengan informasi keuangan yang sensitif, yang jika ditampilkan secara ilegal. Oleh karena itu, mereka harus menerapkan langkah-langkah keamanan berkualitas yang dapat secara efisien melindungi data mereka dan mencegah akses ilegal. Namun, sebagian besar perusahaan masih menggunakan sistem akuntansi konvensional yang tidak memiliki sistem keamanan modern dan dapat dengan mudah disusupi. Penyedia cloud yang terkenal memiliki sumber daya yang diperlukan untuk menyediakan sistem keamanan tingkat tinggi. Selain itu, miliki tim IT perusahaan juga bisa memantau keamanan sepanjang waktu, sehingga dan memperbarui server secara berkala dengan patch keamanan terbaru.

4. Meminimalkan Kerumitan IT

Infrastruktur IT adalah jantung dari setiap perusahaan. Itu harus dipelihara dengan baik dan diperbarui secara teratur untuk mengoptimalkan operasi perusahaan. Namun, mengelola penyiapan IT internal akan mengharuskan mengelola sendiri semua perbaikan, penggantian, dan proses lainnya. Pada akhirnya, ini secara signifikan menggandakan beban kerja perusahaan, membuat staff IT bertanggung jawab atas manajemennya secara keseluruhan. Namun, akuntansi cloud secara siginifikan meminimalkan manajemen IT perusahaan dan memungkinkan staff IT untuk lebih fokus pemeliharaan perangkat atau bahkan ditiadakan. Jadi, bahkan jika terjadi kendala, yang Anda butuhkan hanyalah memberi tahu mereka, dan mereka akan dengan cepat menyelesaikan semua masalah IT Anda.

5. Manajemen Waktu yang Lebih Baik

Bookkeeper atau akuntan harus memiliki langkah-langkah yang akan untuk melakukan pelacakan dan pencatatan dengan akurat. Sistem Akuntansi berbasis cloud memungkinkan Akuntan lebih fokus kepada pelacakan dan analisa dibandingkan dengan posting transaksi. Sehingga proses closing bulanan dan laporan keuangan akan lebih cepat dihasilkan.

Kesimpulan

Kecil atau besar, bisnis dapat mengandalkan akuntansi cloud untuk mendapatkan laporan akuntansi dengan benar. Sistem Akuntansi berbasis cloud menawarkan manfaat unik yang memberikan keuntungan andal dan efisien yang mengotomatiskan proses seperti entri data, pembuatan laporan, dan sejenisnya.

Baca Juga : Software Akuntansi Online

www.turboly.com