image

Fungsi dan Pentingnya Laporan Keuangan

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan pentingnya laporan keuangan.

1. Pentingnya Laporan Keuangan untuk Manajemen:

Manajemen membutuhkan laporan keuangan untuk pelaksanaan fungsi manajerial yang tepat. Jika terdapat informasi yang benar dan dapat dipercaya, manajemen dapat merencanakan dengan baik dan menjalankan fungsi operasi dan pengendalian dengan sangat mudah. Laporan keuangan memandu manajemen untuk penggunaan modal yang digunakan secara efektif dan menentukan tingkat kredit yang diperoleh dari bank dan lembaga keuangan.

Laporan keuangan yang dibuat dengan baik dan dibangun dengan benar membantu perumusan kebijakan yang efektif. Selain itu, manajemen dapat memeriksa dan menganalisis hasil bersih dari berbagai aktivitas dan efisiensi karyawan yang terkait dengan aktivitas tersebut. Kegiatan perluasan usaha ditentukan berdasarkan posisi keuangan dan kekuatan perusahaan.

2. Pentingnya Laporan Keuangan bagi Pemerintah:

Laporan keuangan sangat berguna untuk menilai kewajiban pajak badan usaha. Kondisi ekonomi suatu negara diidentifikasi dengan mengumpulkan laporan keuangan tersebut dari berbagai sektor industri. Baik pemerintah pusat maupun daerah dapat mengetahui apakah bisnis yang bersangkutan mengikuti aturan dan regulasi atau tidak. Pernyataan-pernyataan ini memberikan dasar untuk menyusun undang-undang baru dan mengubah undang-undang yang ada untuk mengatur bisnis.

3. Pentingnya Laporan Keuangan bagi Bank:

Bank atau lembaga pembiayaan dapat mengetahui kemampuan bisnis untuk memenuhi kewajibannya, solvabilitas jangka pendek dan jangka panjang, kelayakan kredit dan kemampuan menghasilkan. Selain itu, para bankir membuat analisis komprehensif terhadap kebijakan dan rencana nasabah. Besarnya pinjaman dapat dengan mudah diperbaiki oleh bankir dalam menganalisis laporan keuangan.

4. Pentingnya Laporan Keuangan untuk Asosiasi:

Ini memberikan layanan kepada anggotanya yaitu urusan bisnis. Luas dan jenis jasa ditentukan berdasarkan informasi yang terkandung dalam laporan keuangan. Mereka dapat mengembangkan rasio standar dan merancang sistem akun yang seragam.

5. Pentingnya Laporan Keuangan untuk Supplier:

Volume penjualan Supplier perdagangan meningkat jika laporan keuangan dianalisis dengan benar dan menilai posisi keuangan pelanggan yaitu perhatian bisnis. Seorang pelanggan setia dan teratur dalam pembayaran kredit perdagangan jika posisi keuangannya sehat. Penggunaan laporan keuangan sangat penting karena laporan tersebut dapat menyampaikan keterlambatan pembayaran atau keteraturan dalam pembayaran dan dapat menyarankan tentang kemampuan pelanggan untuk melakukan pembayaran di masa depan.

6. Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Bursa Efek:

Saham dan surat utang suatu perusahaan terbuka (.Tbk) diperdagangkan di bursa efek. Nilai saham dan surat utang ditentukan berdasarkan posisi keuangan dan kelayakan kredit perusahaan. Laporan keuangan memberikan informasi yang benar untuk menetapkan harga saham dan surat utang.

7. Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Investor:

Baik investor saat ini maupun calon investor membaca isi laporan keuangan. Mereka menilai posisi keuangan perusahaan dari sudut yang berbeda. Solvabilitas jangka panjang, kapasitas produktif, prospek pertumbuhan, pemanfaatan dana, sumber dana dan kemampuan manajerial diidentifikasi dari laporan keuangan.

Jika investor kebetulan pemegang surat utang, ia mempelajari laporan keuangan sedemikian rupa apakah perusahaan dapat menebus surat utang pada tanggal penebusan. Pemegang saham mempertimbangkan likuiditas perusahaan tetapi pemegang surat utang mempertimbangkan kapasitas pendapatan perusahaan.

Baca Juga : Cloud Accounting Mengubah Sistem Akuntansi

www.turboly.com