Memahami Biaya operasional di Perusahaan Retail

image

Apa itu Biaya Operasional?

Biaya operasional adalah biaya untuk kegiatan perusahaan yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan utama bisnis. Mereka adalah biaya untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang tidak melibatkan produksi atau penjualan.

Bagaimana Beban Operasi Bekerja dalam Bisnis?

Sebuah bisnis, misalnya toko bangunan, mengeluarkan biaya operasional yang berbeda dari yang terlibat dalam aktivitas utama toko, yaitu jasa pengiriman. Toko mencatat pengeluaran operasional mereka dan daftar tersebut dapat mencakup barang-barang seperti:

  • Biaya sewa
  • Biaya Perbaikan gedung atau peralatan
  • Biaya gaji
  • Biaya perjalanan
  • Tunjangan karyawan seperti asuransi kesehatan
  • Biaya akuntansi dan legal
  • Beban Pajak
  • Biaya utilitas
  • Peralatan Kantor
  • Periklanan

Mungkin ada lebih banyak biaya seperti itu tergantung pada sifat bisnis toko. Biaya operasional dapat bertambah hingga total yang besar dan pemilik toko harus mempertimbangkan semua biaya operasional sebelum memulai bisnis. Banyak orang menganggapnya sebagai biaya untuk toko bahkan sebelum toko beroperasi dan menunjukkan pendapatan minimum yang harus dihasilkan toko untuk menjadi bisnis yang layak.

Mengelola Biaya Operasi Bisnis

Semua biaya operasional harus dibayar, terlepas dari apakah toko buka atau tutup. Pemilik toko juga harus menganggarkan ketika toko tutup selama liburan atau dalam keadaan darurat seperti kebakaran atau banjir. Pemilik toko juga harus mempertimbangkan bagaimana mengurangi biaya operasional toko tanpa berdampak langsung pada kelancaran bisnis.

Seorang pemilik toko mungkin ingin mengurangi biaya operasi dengan mengurangi gaji, dengan akibat langsung dari pengurangan biaya gaji yang substansial. Kelemahan dari ini adalah bahwa akan ada lebih sedikit orang yang menjual, keterlambatan dalam melayani pelanggan atau bahkan kebutuhan untuk meningkatkan keamanan dengan lebih sedikit perhatian pada area penjualan toko. Akibatnya, toko dapat kehilangan bisnis dan resiko kerugian dapat melebihi penghematan awal dalam mengurangi tagihan penggajian. Dengan adanya batasan pemotongan biaya operasional sebelum merasakan efek negatif, toko dapat mempertimbangkan untuk mencoba meningkatkan pendapatan sebagai alternatif. Mengurangi biaya dapat mempengaruhi nama baik toko sementara sedikit kenaikan harga dapat dimengerti jika kualitas barang di toko tetap sama.

Baca Juga :Strategi Mengelola Petty Cash

turboly.com