image

Pentingnya Laporan AR Aging

Laporan Account Receivable Aging (AR Aging) memiliki fungsi sebagai alat bantu penilaian dan diagnosa seberapa lama umur Piutang beredar. Laporan AR Aging juga dikenal sebagai "rekonsiliasi piutang. AR Aging adalah laporan umum yang memberikan informasi mengenai status keuangan perusahaan serta status pelanggannya dan kemampuan mereka untuk membayar.

Apa itu Laporan umur AR?

Laporan umur piutang adalah alat yang mengkategorikan piutang perusahaan Anda sesuai dengan berapa lama invoice atau faktur telah beredar. Dari sebuah laporan ini, dapat menginisiasi strategi jangka pendek untuk menjaga aliran kas tetap pada posisi positif.

Mengapa Laporan umur AR Diperlukan?

Laporan umur piutang atau AR Aging memberikan data penting tentang perilaku pembayaran pelanggan dan efektivitas fungsi kredit/penagihan. Dengan menjalankan laporan penagihan AR secara teratur akan membantu memahami karakteristik pelanggan dalam hal pembayaran. AR Aging juga berperan sebagai early warning jika aliran kas mengalami masalah.

Masalah arus kas biasanya berhubungan dengan kebijakan penagihan atau perilaku pelanggan. Pelanggan tertentu mungkin lebih sering “menunggak” lebih lama daripada yang lain. Laporan umur AR memberikan informasi konkret yang dapat digunakan untuk mengambil tindakan.

Otomatisasi adalah Kunci Laporan AR Aging yang Valid

Otomatisasi sistem untuk menghasilkan laporan AR Aging sebagai alat fungsional untuk manajemen piutang yang efisien. Sistem Akuntansi mendukung fungsi pelaporan secara otomatis karena manfaat besar yang diberikan untuk alur kerja bagian AR perusahaan dan efisiensi keseluruhan:

  • Mengakses laporan dalam waktu singkat – Sistem Akuntansi akan secara otomatis menyederhanakan proses dengan menarik dan mengatur data secara cepat berdasarkan parameter yang telah ditentukan.
  • Perkiraan pembayaran yang lebih akurat – Dengan pelaporan yang efisien, jauh lebih mudah untuk mengelola arus kas secara akurat, pemantauan perilaku pelanggan.

Menjaga Umur Piutang

Keterlambatan pembayaran tidak dapat dihindari bagi sebagian besar perusahaan. Sistem Akuntansi memberikan cara terbaik untuk mengelola piutang.

Dengan mengandalkan sistem akuntansi, bagian penagihan mengurangi kesalahan dan mempercayai keakuratan data. Bagi level top manajemen atau bahkan owner sekalipun, akan dengan mudah memantau umur piutang sehingga bisa melakukan proyeksi “kesehatan” kas di masa depan.

Baca Juga : Ada 5 Aktivitas Dalam Piutang

www.turboly.com