Bagaimana mencegah produk kadaluarsa?

image

Sebuah langkah awal dalam mengontrol produk kadaluarsa adalah membuat cara untuk mendapatkan informasi dan mencatat barang kadaluarsa atau hampir kadaluwarsa agar tidak digunakan secara tidak sengaja untuk dijual, masih diperlukan lebih banyak lagi untuk meminimalisir kerugian akibat kadaluarsa di kemudian hari.

Dengan menggunakan Sistem Inventory Batch & Expiry untuk mengelola produk kedaluwarsa dan membiasakan staf garis toko dan gudang untuk memaksimalkannya, manfaatkan Sistem Sistem Inventory Batch & Expiry untuk mencapai tiga tujuan pencegahan utama:

  1. Pastikan produk yang mendekati kedaluwarsa diputar untuk penggunaan pertama

Pada setiap interval pemeriksaan, pastikan item closed-date berada di posisi depan sehingga ditarik terlebih dahulu saat digunakan. Tempatkan barang-barang bertanggal tertutup ke atas dan pertimbangkan untuk menggunakan lembar pemisah antara tanggal dekat dan persediaan yang tersisa jika produk mudah bergeser.

  1. Pastikan barang yang mendekati kedaluwarsa diberi label khusus

Tanggal kedaluwarsa dapat dicetak terlalu kecil, tidak terbaca, atau hanya pada karton induk sehingga manajemen tanggal kedaluwarsa yang tepat menjadi sangat sulit. Menambahkan stiker “Gunakan Pertama” yang semarak ke item ini akan menambah visibilitas tambahan, dan meningkatkan kemungkinan penggunaan sebelum kedaluwarsa.

  1. Pastikan barang yang mendekati kedaluwarsa dipindahkan ke tempat yang kemungkinan besar akan digunakan

Untuk item bernilai tinggi dan sering kedaluwarsa, evaluasi penggunaan berdasarkan lokasi. Jika item dengan penggunaan rendah hampir kedaluwarsa, pertimbangkan untuk memindahkannya ke lokasi lain di dalam fasilitas yang memiliki tingkat penggunaan lebih tinggi.

Untuk mencapai tujuan ini tanpa membebani staf secara berlebihan, mulailah dengan menerapkan program pemantauan kedaluwarsa triwulanan untuk memastikan semua lokasi penyimpanan persediaan diperiksa untuk barang-barang usang dan segera kedaluwarsa secara teratur.

Kami telah merangkum empat bagian penting dari program pemantauan dasar di bawah ini. Gunakan ini sebagai template untuk menginformasikan program pelatihan Anda:

  1. Terapkan pemeriksaan penyimpanan triwulanan untuk merotasi item dan dokumen yang sesuai

Setiap kuartal, tugaskan staf gudang atau toko untuk memeriksa dan mengatur ulang item dalam penyimpanan sehingga produk terlama (yang akan kedaluwarsa lebih dulu) diposisikan dengan jelas di depan. Selama pemeriksaan ini, staf harus menghapus barang kadaluarsa yang mereka temukan dan mendokumentasikan tindakan mereka secara rinci.

  1. Gunakan spidol berkode warna untuk dengan mudah mengidentifikasi item-item tanggal dekat

Tempelkan stiker berkode warna pada barang-barang dalam penyimpanan yang terkait dengan setiap bulan dalam setahun sehingga penangan material dapat mengatur barang-barang sesuai dengan itu. Cadangan satu warna untuk menunjukkan item yang akan kedaluwarsa dalam kuartal tersebut (sebelum pemeriksaan berikutnya). Sistem sederhana ini membuat pelatihan menjadi masalah menghafal warna sementara juga memudahkan staf pemasok untuk memperhatikan dan menggunakan item yang akan segera kedaluwarsa.

  1. Pertimbangkan produk mana yang laris dan di toko atau area mana dan pindahkan sesuai kebutuhan. Jika barang-barang tertentu lebih sering terjual di beberapa lokasi/ toko daripada yang lain, pindahkan barang-barang bertanggal pendek ke area penjualan yang lebih tinggi.

  2. Tarik item dengan stiker bulan itu dan dokumentasikan di akhir setiap bulan

Lakukan pemeriksaan penyimpanan cepat pada akhir setiap bulan untuk menarik semua barang yang ditandai dengan stiker bulan itu dari rak, mendokumentasikan barang-barang yang dibuang itu secara rinci.

Baca Juga : Tanggal Kadaluarsa Kosmetik dan Mengapa Itu Penting

turboly.com