Keuntungan Persediaan Konsinyasi untuk Consignor

image

Persediaan konsinyasi adalah strategi yang baik untuk produsen dan distributor modern yang bekerja di industri ponsel. Mereka bisa mendapatkan produk mereka hadir toko retail ponsel terkemuka.

Meskipun saat ini menjual secara langsung melalui marketplace dan ecommerce juga menarik namun dengan persaingan yang cukup tinggi dan tak jarang juga bersaing dengan perusahaan retail yang yang terkenal, lebih baik jika bisa mengirimkan produk ponsel ke retail terkenal tersebut dengan cara konsinyasi.

Berikut adalah pelajaran yang kita bisa tarik dari metode Persediaan konsinyasi

Kelebihan Persediaan Konsinyasi untuk Consignor :

Bisnis Jangka Panjang

Beberapa poin ini akan tergantung pada popularitas produk, dan poin ini juga dipengaruhi oleh itu. Jika Anda memiliki hubungan yang kuat dengan mitra bisnis Anda, itu bisa menjadi sumber modal reguler.

Supplier Utama

Produk Anda akan bersama penjual yang sudah dikenal dan dipercaya oleh konsumen.

Hemat Biaya Persediaan

Semua atau sebagian besar produk Anda akan dipegang oleh pelanggan Anda, artinya Anda menghindari biaya yang terkait dengan penyimpanan Persediaan.

Restock karena Jual

Ini akan tergantung pada hubungan yang Anda miliki dengan pelanggan Anda. Tetapi jika Anda memiliki komunikasi yang baik dengan mereka, Anda dapat memiliki rantai pasokan yang apik dengan mereka.

Mengurangi Risiko untuk Produk Baru atau Saluran Penjualan

Produk baru dapat dirilis secara perlahan melalui persediaan konsinyasi untuk menganalisis permintaan pasar. Ini juga berarti tidak akan mempengaruhi saluran penjualan lain jika produk dijual melalui media lain.

Kekurangan Persediaan Konsinyasi untuk Consignor

Peningkatan Biaya untuk Persediaan yang Tidak Terjual

Jika penerima Anda tidak dapat mengalihkan produk, produk tersebut pada akhirnya akan dikembalikan kepada Anda.

Arus Kas yang Tidak Pasti

Anda tidak akan tahu berapa banyak modal dari penjualan yang Anda peroleh sampai pelanggan Anda menagih Anda. Anda bisa menunggu sampai seluruh batch terjual atau bisa ditentukan dengan cara lain. Disisi lain, Anda tidak dibayar sampai pelanggan Anda melakukan penjualan. Hal ini membuat kemajuan pelacakan sangat sulit.

Biaya Kerusakan

Anda mungkin menurunkan biaya penyimpanan Persediaan, tetapi produk yang disimpan dengan pelanggan Anda adalah milik Anda. Sampai barang dikonsumsi atau dikembalikan, Anda bertanggung jawab atas pembiayaan, kerusakan, keusangan, dan pencurian.

Rekonsiliasi Persediaan

Ingat sebelumnya kami menyebutkan bahwa hubungan ini sangat bergantung pada kepercayaan? Nah, bagaimana jika pelanggan Anda mengatakan bahwa mereka hanya menjual 10 ponsel tetapi sebenarnya menjual 12 ponsel? Atau Anda melakukan pengiriman, tetapi mereka mengklaim bahwa barang tersebut dicuri selama transit. Terlepas dari apakah itu benar atau tidak, Anda hanya harus menyiapkan sebuah Sistem Inventory yang bisa mendukung proses konsinyasi berjalan dengan baik.

Baca Juga : Cara Mengatur Strategi Konsinyasi

turboly.com