Mengapa Tanggal Kadaluarsa Produk Kecantikan Penting

image

Menggunakan produk kecantikan yang kadaluarsa dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pelanggan menaruh kepercayaan pada toko kosmetik yang menjadikan kadaluarsa produk kecantikan sebagai prioritas. Produk kecantikan yang telah kadaluarsa tidak baik bagi pelanggan dan perusahaan akan mendapat kerugian secara finansial jika persediaan rusak harus dibuang. Itulah alasan utama mengapa tanggal kadaluarsa produk kecantikan penting.

Perusahaan kosmetik yang memanfaatkan Sistem Inventory lebih mudah untuk melacak kosmetik sehingga pesanan dapat dipenuhi secara efisien. Dalam memastikan pengiriman sebelum tanggal kadaluarsa produk kecantikan, perusahaan memaksimalkan penggunaan produk sehingga pelanggan mendapatkan apa yang mereka bayar.

Pentingnya Tanggal Kadaluarsa Produk Kecantikan

Banyak alasan mengapa tanggal kadaluarsa produk kecantikan sangat penting. Namun, mari kita mulai dengan pasangan seperti infeksi dan ruam kulit. Itu cukup untuk menghentikan siapa pun, terutama ketika berbicara tentang produk untuk digunakan di area sensitif seperti wajah atau produk perawatan kulit seperti lotion atau tabir surya.

Barang-barang seperti maskara dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan harus dibuang setiap beberapa bulan setelah dibuka. Selain itu, jika tabung maskara mencapai tanggal kadaluarsa saat di rak di gudang kosmetik atau di rak display toko kecantikan, itu akan dibuang.

Jadi, tanggal kadaluarsa produk kecantikan memang penting karena bahan kimia dalam item tersebut cenderung rusak seiring waktu. Sangat mudah untuk mengetahui apakah tanggal kadaluarsa produk kecantikan dipertanyakan. Jika produk telah berubah warna, tampak kering atau ekstra berminyak atau berbau tidak sedap, itu merupakan indikator yang baik bahwa produk tersebut telah kedaluwarsa. Tanggal juga berfungsi sebagai panduan efektivitas produk untuk tujuan penggunaan.

PROTOKOL GUDANG UNTUK KADALUARSA PRODUK KECANTIKAN

Penting untuk dipahami bahwa semua produk kecantikan memiliki tanggal kadaluarsa. Beberapa mungkin untuk dua atau tiga bulan, sementara yang lain mungkin baik hingga satu tahun atau lebih. Pelanggan ingin mendapatkan hasil maksimal dari produk yang mereka beli sehingga tujuannya adalah untuk mendapatkan barang di tangan mereka dengan cepat.

Protokol gudang first in, first out pasti akan berperan di sini untuk memastikan sisa produk dengan nomor lot tertentu ditarik jika tanggal kadaluarsa telah berlalu. Ini memberi staf gudang dan pabrikan gambaran tentang apa yang tersisa dan apa yang perlu diisi kembali.

Salah satu cara agar produk kecantikan sampai ke tangan konsumen adalah dengan melacaknya baik:

  • FIFO – persediaan pertama masuk, keluar pertama
  • FEFO - pertama kedaluwarsa, persediaan pertama keluar

Melacak produk kecantikan dengan cara ini memastikan bahwa mereka dikirim selama efektivitas maksimum untuk penggunaan konsumen. Perusahaan yang mengirimkan kotak langganan kosmetik atau memenuhi pesanan perawatan kulit terus memeriksa dengan cermat tanggal kedaluwarsa produk kecantikan.

PRODUK KECANTIKAN DI DISPLAY

Setelah produk ditempatkan di rak di toko, hanya tinggal menunggu berpindah ke tangan konsumen, dalam masa ini penting untuk mengetahui dan mengontrol tanggal kadaluarsa produk kecantikan. Semakin cepat semakin bagus, namun terkadang bisa saja aliran produk tidak lancar (sepi pembeli) hingga membutuhkan beberapa minggu sebelum terjual. Disisi lain, tujuannya adalah untuk mengelola dan mengontrol kadaluarsa produk dengan maksimal.

Produk kecantikan dirancang untuk digunakan dalam kapasitas apa pun yang dibutuhkan mulai dari anti-penuaan, kebersihan pribadi hingga peningkatan kecantikan. Terlepas dari tujuan penggunaan, konsumen menginginkan produk dengan kualitas terbaik saat digunakan. Jadi staf toko dan gudang harus rajin merotasi produk untuk mengikuti tanggal kadaluarsa. Semakin cepat aliran penjualan produk, semakin kecil kemungkinan produk akan kadaluarsa sebelum digunakan.

KEMASAN PRODUK

Perusahaan kosmetik dan produk kecantikan wajib menambahkan tanggal kedaluwarsa pada semua kemasan. Selain untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan, hal Ini membantu produsen melacak produk dan juga membuat konsumen mengetahui berapa lama barang tersebut akan efektif.

Kode batch atau kode lot juga dapat dicap pada kemasan. Kode ini mengidentifikasi untuk pabrikan saat diproduksi dan jika ada masalah, kode ini dapat diisolasi per kode ini. Ini juga membantu melacak tanggal kadaluarsa untuk produk kecantikan. Melihat dari dekat cetakan kecil pada kemasan produk kecantikan dapat mengungkapkan tanggal kedaluwarsa bersama dengan nomor lot. Dan ingat, itu mungkin ada di paket eksternal.

Sekali lagi ini adalah satu langkah lagi untuk memastikan tanggal kadaluarsa produk kecantikan tidak lewat selama berada di gudang dan perusahaan harus menghapusnya sebagai kerugian.

Baca Juga : 5 Alasan Menggunakan Sistem POS Untuk Toko Kosmetik

turboly.com