Jenis Jenis Bill of Material (BOM)

image

Bill of material adalah bagian penting dari proses manufaktur. Di sini kita melihat mengapa demikian dan bagaimana produsen yang sedang berkembang dapat memanfaatkan BOM dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada satu template untuk semua BOM. Ada banyak jenis BOM yang dapat digunakan. Berikut ringkasan singkat tentang beberapa jenis BOM yang berbeda untuk membantu mana yang tepat untuk diterapkan di perusahaan

Manufacture Bill of Material (MBOM)

Sebuah tagihan manufaktur bahan menampilkan bahan, rakitan, dan sub-rakitan yang diperlukan untuk menghasilkan produk jadi. Ini berlaku untuk proses produksi sebelum barang jadi selesai.

Engineering Bill of Material (EBOM)

Tagihan bahan rekayasa berbeda dari BOM manufaktur, karena mendefinisikan desain produk jadi. Ini sering dibuat berdasarkan desain berbantuan komputer atau gambar CAD, seperti bagian dari manajemen siklus hidup produk.

Configurable Bill of Material

Bill of material yang dapat dikonfigurasi (CBOM) adalah bentuk BOM yang digunakan oleh industri yang memiliki banyak pilihan dan produk yang sangat dapat dikonfigurasi.

CBOM digunakan untuk menciptakan produk yang dijual perusahaan secara dinamis, sehingga dapat dengan mudah dicetak dan dibentuk. Manfaat menggunakan struktur CBOM adalah mengurangi upaya kerja yang diperlukan untuk mempertahankan struktur produk.

BOM yang dapat dikonfigurasi paling sering digerakkan oleh software “konfigurator”. Pengembangan CBOM tergantung pada memiliki struktur BOM modular.

Modular BOM

BOM yang menggambarkan sub-rakitan disebut sebagai BOM modular.

Struktur BOM modular menyediakan rakitan/sub-sistem yang dapat dipilih untuk “mengonfigurasi” item akhir. Jadi, struktur ini membutuhkan BOM modular juga.

Alasan utama mengapa BOM modular banyak digunakan adalah karena BOM modular jauh lebih sederhana yang tidak membutuhkan perombakan total setiap akan digunakan.

Baca Juga : Mengapa Bill of Material sangat penting

turboly.com