5 Kesalahan Saat Negosiasi Supplier

image

Dalam bernegosiasi dengan supplier bisa membutuhkan waktu lama untuk mencapai kesepakatan terkait hal apapun yang dinegosiasikan, dan pada akhirnya mungkin bahkan mungkin tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Itulah mengapa penting untuk memastikan dalam melakukan negosiasi dengan supplier semuanya dengan cara yang benar. Bahkan kesalahan terkecil pun bisa membuat membuat negosiasi menjadi tidak sukses.

Lalu bagaimana caranya agar bisa sukses dalam melakukan negoasiasi dengan supplier? Simak beberapa tips berikut ;

1. Jangan membuat asumsi

Kunci untuk negosiasi yang sukses adalah persiapan, dan itu berarti lebih dari sekadar mengetahui angka dan fakta. Gagal mempersiapkan adalah persiapan untuk gagal. Untuk supplier lama mungkin akan lebih mudah karena kita tahu dan kenal siapa pembuat keputusan, dan apa kebutuhan, nilai, harapan, dan ketakutan pihak lain itu. Namun untuk supplier yang baru kerjasama dimana hubunguan belum terlalu erat maka akan sulit untuk bernegosiasi. Tapi, jangan pernah membuat berasumsi bahwa ada sesuatu yang tidak dapat dinegosiasikan sebelumnya. Semakin kita siap, semakin baik kita dapat menavigasi proses negosiasi.

2. Jangan terburu-buru

Negosiasi membutuhkan waktu, terutama jika ingin mereka berjalan lancar. Luangkan waktu untuk menjalin hubungan nyata dengan pihak lain. Jangan takut untuk dengan jeda waktu.

3. Jangan mengambil apapun secara pribadi

Aturlah emosi agar menjadi lebih baik selama negosiasi berlangsung, terutama jika itu sesuatu yang mempengaruhi. Tapi hati-hati - terlalu emosional akan merusak produktivitas. Emosi dapat dengan mudah digunakan melawanmu dalam negosiasi.”

4. Jangan menerima tawaran buruk

Negosiasi adalah proses yang panjang, melelahkan, dan menegangkan. Ini bisa mudah diselesaikan, tetapi menyetujui kesepakatan hanya untuk mendapatkan kesepakatan tidak baik, terlepas dari sisi mana Anda berada.

Sebelum memulai bernegosiasi harus mengerti, masuk ke negosiasi, harus tau persis apa yang rela menyerah dan tidak. Pada akhirnya, tidak membuat kesepakatan harus selalu menjadi pilihan.

5. Jangan terlalu bernegosiasi

Jika Anda cukup beruntung untuk menang dalam negosiasi, jangan terlalu memanfaatkannya. Pikirkan tentang konsekuensi dari negosiasi berlebihan sebelumnya. Anda mungkin mendapatkan apa yang Anda inginkan, tetapi berapa harganya?

Baca Juga : 4 Langkah Mendapatkan Kredit Dari Supplier

turboly.com