6 Ide Pengembangan Bisnis Ritel

image

Saat bisnis berjalan cukup baik, mungkin akan timbul semangat untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi. Akan muncul pertanyaan, “Bagaimana saya bisa membawa bisnis saya ke tingkat berikutnya?”

Berikut ini kami mengeksplorasi berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis ritel..

1. Membuka Cabang di Lokasi Baru

Membuka toko baru adalah strategi ekspansi umum bagi banyak banyak pengusahan ritel. Menyiapkan toko di lokasi lain akan memungkinkan untuk memperluas keberadaan merek toko secara offline dan menjangkau pelanggan baru.

2. Memperluas Saluran Penjualan

Tidak terlalu tertarik untuk membuka toko baru? Pertimbangkan untuk mendiversifikasi saluran. Salah satu opsi adalah ecommerce. Penjualan melalui online ecommerce bisa melalui pengembangan website toko sendiri atau juga bisa menggunakan marketplace karena konsumen terus tertarik pada belanja online. Untungnya, cukup mudah untuk menyiapkan toko online dan ada beberapa platform ecommerce yang mudah digunakan di pasaran saat ini.

Pastikan untuk mengintegrasikan situs ecommerce dengan Sistem Point of Sale (POS) sehingga dapat mengelola bisnis ritel secara terpusat di berbagai saluran.

3. Kembangkan Penawaran Produk dan Layanan

Menambahkan item atau layanan baru ke daftar produk dapat membantu mengembangkan bisnis. Cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan memikirkan produk atau layanan terkait yang dengan produk yang ada saat ini. Cermati trend kebutuhan konsumen, periksa kembali alasan terjadinya loss sale saat ini, lakukan analisa dan temukan produk dan layanan apa yang perlu dikembangkan.

4. Perluas ke pasar lain

Beberapa pengecer semakin mendiversifikasi produk dan layanan mereka dengan merambah pasar baru.

5. Pop Up Store/ Bazar

Pop Up Store/ Bazar adalah cara efektif untuk survey pasar. Jika benar-benar ingin berekspansi ke pasar atau lokasi baru, tahap pertama bisa melalui Pop Up Store/ Bazar sebelum mendirikan toko cabang baru.

6. Bekerjasama dengan bisnis lain

Cara yang baik untuk melakukan ekspansi adalah dengan memanfaatkan aset bisnis lain. Cara ini dapat melakukan ini dengan bermitra dengan perusahaan di pasar yang ingin dicapai.

Keuntungan utama dari strategi ini adalah fakta bahwa partner yang bekerja sama dengan sudah memiliki aset dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendapatkan segmen pelanggan yang kita targetkan.

Baca Juga : APA TANTANGAN MENGELOLA HUTANG DAGANG YANG SAAT INI DIHADAPI BISNIS RITEL?

turboly.com