Cara Cerdas Atasi Kelebihan Stok di Toko

image

Memiliki terlalu banyak stok inventory merupakan salah satu kesalahan dalam bisnis retail. Selain menghabiskan banyak ruang penyimpanan, kelebihan stok menghambat perputaran modal dan dapat menghambat investasi dalam bisnis serta bisa menghambat penyediaan produk / barang yang benar benar sedang dibutuhkan.

Masalah persediaan berlebih terkadang dapat muncul karena hal-hal yang tidak dapat dikendalikan. Mungkin ada perubahan trend produk secara mendadak, salah perhitungan hingga atau perkiraan permintaan tidak berjalan sebaik yang diharapkan. Apapun masalahnya, jangan khawatir. Jika melihat kelebihan barang dagangan di toko, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melikuidasinya:

1. Re-merchandise, atau pemasaran ulang

Ketika suatu barang tidak laku, bisa saja itu merupakan produk konsinyasi atau produk produksi pihak lain. Dalam beberapa kasus, masalahnya mungkin terletak pada cara memasarkan atau memposisikan barang dagangan. Cobalah untuk menyegarkan upaya pemasaran dan merchandising ketika menyangkut stok inventory slow moving.

2. Lebih mengekspos produk slow moving agar lebih terlihat.

Jika berurusan dengan produk yang kurang laku, ada baiknya mencoba memberikan ekspos lebih agar terlihat oleh konsumen. Ada kalanya satu produk tidak laris akibat konsumen tidak mengetahui kita menyediakan produk tersebut.

3. Promosi & Diskon

Jika pemasaran ulang atau re-merchandising tidak berhasil, pertimbangkan untuk menurunkan harga untuk kelebihan stok.

4. Bundle item

Bundling adalah strategi penghabisan dalam bisnis retail. Strategi ini adalah metode penetapan harga paling populer kedua untuk toko ritel.

5. Pertimbangkan menjalankan Buy One Get One (BOGO) atau Purchase With Purchase (PWP)

Tawaran skema promosi purchase with purchase adalah jenis promosi penjualan yang memungkinkan pelanggan membeli produk dengan harga diskon jika mereka membeli dalam jumlah atau jumlah tertentu. Promo BOGO serta penawaran seperti “Beli 3 gratis 1” adalah beberapa contoh umum dari diskon multi-beli.

6. Donasi

Salah satu opsi lainnya adalah menyumbangkan kelebihan stok inventory untuk amal dan cara ini akan mendapatkan keuntungan potongan pajak.

Bila ditangani dengan benar, kelebihan persediaan sebenarnya dapat membuka peluang penjualan, keterlibatan pelanggan, dan pajak untuk bisnis ritel Anda.

Baca Juga : Tips Menerapkan Diskon Tanpa Mengorbankan Keuntungan

turboly.com