Tips Menerapkan Diskon Tanpa Mengorbankan Keuntungan

image

Pemberian diskon atau menjalankan promosi dengan diskon adalah salah satu cara paling populer dan bisa dibilang di antara yang paling efektif untuk mendorong penjualan.

Namun, betapapun efektifnya, diskon bisa menjadi pedang bermata dua. Meskipun memangkas harga tentu saja menarik pelanggan, melakukan diskon dengan cara yang salah bisa berakhir dengan mengorbankan keuntungan atau menarik jenis pembeli yang salah (yaitu mereka yang hanya akan membeli dari saat ada penurunan harga.)

Itu sebabnya jika ingin menjalankan penjualan atau diskon di toko ritel, penting untuk merencanakan promosi dengan baik dan membuat penawaran yang bijaksana untuk memenuhi tujuan perusahaan. Berikut adalah petunjuk untuk mendapatkan beberapa tip dan ide tentang cara menerapkan diskon dengan benar.

1. Tentukan tujuan

Menerapkan diskon secara masif adalah salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan sebagai retailer. Sebelum menjalankan diskon atau menawarkan promo baru yang menarik, pastikan memiliki tujuan yang jelas untuk melakukannya.

2. Segmentasikan pembeli dan penawaran penjahit yang sesuai

Membuat diskon atau penawaran berdasarkan preferensi pelanggan yang berbeda atau riwayat pembelian dapat sangat meningkatkan konversi. Luangkan waktu untuk mengelompokkan basis pelanggan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dalam Sistem Point of Sale (POS) sehingga Anda dapat memasarkan dan menjual kepada mereka sesuai dengan itu.

3. Pastikan waktunya tepat

Ketika datang ke diskon dan penawaran, waktu bisa sama pentingnya dengan relevansi. Mengirimkan penawaran pada waktu yang tepat (yaitu ketika pelanggan membutuhkannya) akan sangat meningkatkan tingkat konversi.

4. Perhatikan margin

Untuk memastikan bahwa tidak memberikan terlalu banyak atau akhirnya kehilangan uang dengan diskon Anda, tetapkan “kisaran margin yang dapat diterima” untuk produk. Analisa dapat dilakukan menggunakan Sistem POS saat akan menerapkan diskon.

5. Uji berbagai taktik diskon

Metode diskon yang tepat akan bervariasi, tergantung pada bisnis, produk, dan pelanggan. Cara terbaik untuk mengetahui semuanya? Terapkan berbagai taktik dan lihat mana yang paling berhasil.

6. Jalankan promosi bersyarat

Cara yang baik untuk melindungi margin saat menerapkan diskon adalah dengan menetapkan ketentuan. Daripada menjalankan promosi menyeluruh (misalnya diskon 25% untuk semua item), tetapkan batasan atau ketentuan tertentu yang harus dipenuhi pelanggan sebelum mereka dapat menukarkan penawaran.

7. Promosikan pembelian impulsif, upselling, dan cross-selling

Diskon dapat mendorong lebih banyak orang ke toko, jadi manfaatkan peningkatan traffic baik online ataupun offline, dengan melakukan upselling atau cross-selling. Dorong staff penjualan untuk menyarankan produk atau peningkatan kepada pelanggan yang berbelanja di toko.

Tidak perlu mengorbankan keuntungan atau menurunkan citra merek saat menawarkan diskon. Seperti yang kami tunjukkan di atas, strategi diskon yang kreatif dan dijalankan dengan baik dengan tujuan yang jelas dapat membantu Anda memperoleh penjualan dan menarik jenis pelanggan yang tepat.

Baca Juga : Strategi Voucher untuk Mengurangi Kerugian Return Penjualan

turboly.com