Cara Mengoptimalkan Proses Penerimaan Gudang

image

Berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk mengoptimalkan proses penerimaan gudang . Ini berfungsi baik untuk gudang milik sendiri atau bermitra dengan tim logistik pihak ketiga.

**Gunakan Software Inventory Manajemen **

Banyak tersedia Software manajemen inventory untuk membantu menjalankan bisnis, sering kali menggunakan konsep Software Inventory Online ataupun Offline untuk mengotomatiskan tugas dan membuatnya lebih mudah.

Dengan mengotomatiskan sistem manajemen Inventory, dapat memperoleh informasi yang lebih mendalam tentang data Inventory secara realtime, memungkinkan memantau stok dan menemukan masalah. Setelah stok baru masuk, kuantiti stok pada sistem manajemen Inventory bertambah dan ketika stok keluar, jumlahnya otomatis akan turun.

Memanfaatkan Software Inventory mulai dari bagian proses penerimaan barang di gudang, lalu gunakan beberapa laporan analisa berikut :

  • Analisis Metrik Inventory
  • Metrik Inventory

Proses penerimaan barang di gudang yang baik akan mengurangi waktu dan biaya untuk pelacakan dan logistik. Ini menjadi lebih penting jika mengoperasikan beberapa gudang di lokasi yang berbeda.

Dengan memanfaatkan teknologi Software Inventory, dapat memantau metrik distribusi dari semua lokasi gudang dari satu tempat ke tempat lain melalui analitik. Misalnya, dapat memantau:

  • Biaya rata-rata untuk menyimpan barang
  • Jumlah total rak/palet/kontainer yang digunakan
  • Tingkat stok di setiap gudang

Memiliki wawasan semacam ini sejak awal proses penerimaan gudang membawa efisiensi yang lebih tinggi dan menurunkan biaya yang memerlukan staf untuk tugas tambahan. Ini akan memberi keunggulan dibandingkan pesaing.

Lakukan Inspeksi melalui Stock Opname

Gagal mempersiapkan, bersiaplah untuk gagal. Dengan melakukan pemeriksaan yang benar, dapat mencegah kerumitan dan biaya pengembalian stok yang rusak, hilang, atau salah.

Inspeksi rutin harus menjadi bagian dari setiap proses penerimaan gudang yang berhasil. Pemeriksaan Inventory berkala seperti jumlah unit dan tingkat kekuatan stok mungkin akan menemukan ketidakseimbangan dan memungkinkan untuk mengambil tindakan sebelum penerimaan berikutnya diterima.

Sekali lagi, menggunakan Software Inventory yang tepat dapat membantu pemeriksaan. Program dengan manajemen Inventory bawaan dapat membantu dengan audit gudang, serta memberikan pembaruan waktu nyata tentang temuan.

Periksa Ulang Dokumen

Kita semua bersalah dari waktu ke waktu karena melewatkan dokumen terlalu cepat dan membuat kesalahan kecil, tetapi perhatian ekstra itu dapat menghemat waktu dalam jangka panjang.

Pengecekan ulang dokumen sangat penting dalam proses penerimaan gudang. Ketika stok baru masuk, pastikan untuk memeriksa kembali apakah itu cocok dengan Purchase Order / pesanan pembelian yang diterbitkan. Lakukan double check jika sumber daya tersedia.

Solusi terbaik untuk menghindari kesalahan dokumentasi adalah dengan menerapkan sistem inventory untuk semua penerimaan dan pengiriman dokumen . Kelompokkan dan beri label secara berurutan sehingga staf dapat memeriksa stok dengan mudah dan memastikan semuanya benar.

Selalu memiliki dokumen yang up-to-date dan akurat memungkinkan untuk memberikan informasi yang lebih baik untuk pertanyaan pelanggan dan menyelesaikan masalah dengan lebih cepat.

Baca Juga : Bagaimana Software Inventory untuk Toko Kosmetik Membuat Toko Lebih Baik

turboly.com