Cara Upsell dan Cross-Sell di Toko Retail

image

Aktivitas di toko retail : pembeli memutuskan untuk membeli produk dan closing sales. Lalu, jika hanya seperti itu apa selanjutnya? Lalu bagaimana mencari peluang untuk meningkatkan penjualan dari mereka?

Ada 2 cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui upselling dan cross-selling.

Apa itu cross-selling?

Cross-selling berarti merekomendasikan produk yang relevan dengan produk yang sudah ada di dalam pembelian mereka.

Apa itu upselling?

Upselling berarti menawarkan produk versi yang lebih mahal.

Dilakukan dengan benar, kedua cara ini memungkinkan untuk meningkatkan penjualan sambil membantu pelanggan pada saat yang sama.

Kunci keberhasilan upselling atau cross-selling adalah melakukannya dengan benar dan pada waktu dan tempat yang tepat. Jika menjual produk yang tidak relevan atau jika menjual sekedarnya akan lebih terkesan memaksa, maka tidak hanya akan gagal mengonversi pelanggan, tetapi resiko terburuk adalah loss sales atau kehilangan penjualan

  • A. Selalu memberikan nilai. Meminta seseorang untuk meningkatkan pembelian mereka atau membeli item tambahan akan menguntungkan, tetapi kesepakatan itu juga harus menguntungkan pelanggan.

  • B. Apakah produk ini benar-benar menguntungkan mereka? Terkadang, item tambahan dapat melengkapi produk lain, tetapi itu tidak akan menguntungkan pelanggan. Misalnya, sementara jenis cover case tertentu mungkin cocok dengan ponsel yang baru saja dibeli pelanggan, itu tidak akan menjadi penjualan silang yang baik jika mereka tidak membutuhkannya. Kenali pelanggan sebelum menjual lebih banyak barang dagangan kepada mereka. Tanyakan bagaimana mereka akan menggunakan produk tersebut, lalu jika memiliki barang yang akan menguntungkan mereka, silakan tawarkan.

  • C. Apakah mereka terbuka untuk belanja lebih banyak? Jika pelanggan telah menjelaskan bahwa mereka memiliki anggaran terbatas atau mereka hanya mengincar satu produk, maka hormati keinginan mereka dan jangan mencoba menjual apapun kepada mereka.

Baca Juga : 6 Ide Pengembangan Bisnis Ritel

turboly.com