Jenis Jenis Perusahaan di Industri Kosmetik

image

Berkembangnya industri kosmetik dan produk kecantikan beberapa tahun terakhir sangat disambut baik oleh pelanggan. Namun, tahukah bahwa dalam industri kosmetik memiliki proses yang panjang dari mulai produk di riset hingga diterima oleh konsumen? Berikut kami membahas bagaimana industri kosmetik diatur, perusahaan apa saja yang terkait di dalamnya

Distributor Barang Jadi

Konsumen adalah pihak yang pada akhirnya akan membeli kosmetik sehingga membutuhkan suatu cara untuk mendapatkannya. Sebagian besar kosmetik pasar massal sampai ke konsumen melalui toko obat, department store, toko pasar massal, supermarket, toko khusus, atau bahkan pengecer online. Meskipun perusahaan-perusahaan ini biasanya tidak mempekerjakan ahli kimia kosmetik, mereka mungkin mempekerjakan seseorang yang mengetahui lingkungan peraturan atau konsultan ahli kosmetik yang dapat mendidik mereka tentang produk mereka. Distributor Barang Jadi biasanya memiliki kekuatan paling besar dari perusahaan mana pun di industri karena mereka berhubungan langsung dengan konsumen.

Produsen Barang Jadi

Ini adalah perusahaan yang membuat produk yang dijual oleh Distributor Barang Jadi. Mereka bisa menjadi perusahaan pembuat kosmetik baik untuk brand tertentu. Perusahaan-perusahaan ini juga yang paling mungkin memiliki departemen R&D yang mempekerjakan ahli kimia kosmetik untuk formulator, ilmuwan QA/QC, rekayasa proses, ilmuwan klaim, dan banyak lagi. Sementara Produsen Barang Jadi sering menyerah pada tuntutan Distributor Barang Jadi, mereka jelas merupakan perusahaan kekuatan terbesar kedua di industri kosmetik. Setiap perusahaan lain melayani Produsen Barang Jadi dalam beberapa cara.

Produsen Kontrak/ Maklon

Perusahaan-perusahaan ini sangat mirip dengan produsen barang jadi tetapi alih-alih memasarkan produk kosmetik jadi, mereka hanya membuat produk untuk dipasarkan orang lain. Mereka mempekerjakan jenis ilmuwan yang sama dengan Produsen Barang Jadi, hanya saja lebih sedikit. Jika Anda bekerja untuk salah satu perusahaan ini, Anda cenderung mengerjakan berbagai macam formulasi sehingga Anda harus menjadi perumus yang berpengetahuan luas. Anda juga akan cenderung memiliki banyak proyek untuk dikerjakan sekaligus. Karena Anda dapat membuat keputusan pembelian, orang-orang yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan ini cenderung memiliki pengaruh yang lebih besar di industri ini daripada kebanyakan orang. Anda juga cenderung bekerja lebih banyak. Dan jika Anda ingin memulai lini kosmetik Anda sendiri, ini adalah perusahaan yang paling baik untuk diajak bekerja sama.

Supplier

Supplier adalah perusahaan yang menyediakan produsen dengan semua hal yang mereka butuhkan untuk membuat produk. Yang paling menonjol adalah pemasok bahan baku. Supplier bahan baku juga mempekerjakan ahli kimia layanan teknis yang mencari tahu bagaimana bahan baku perusahaan dapat digabungkan dengan baik ke dalam formulasi. Mereka benar-benar merupakan sumber daya teknis yang hebat untuk industri ini. Ilmuwan yang bekerja untuk pemasok juga merupakan orang yang paling mungkin memberikan presentasi di acara industri dan mempublikasikannya di jurnal industri. Jika Anda ingin melakukannya, bekerja untuk pemasok membuatnya lebih mudah.

Selain supplier bahan baku, ada juga supplier untuk peralatan lab, kemasan, peralatan manufaktur, perlengkapan kantor, peralatan komputer, dan segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat produk kosmetik. Semua perusahaan ini mewakili kemungkinan masuk ke dalam industri kosmetik.

Distributor Bahan Baku

Banyak perusahaan bahan baku adalah perusahaan yang sama besarnya atau lebih besar dari produsen barang jadi terbesar. Untuk perusahaan-perusahaan ini, tidak selalu masuk akal secara finansial untuk memanggil perusahaan kecil yang hanya akan melakukan pembelian kecil. Untuk itulah terdapat Distributor Bahan Baku. Ini adalah perusahaan yang mendistribusikan senyawa dari produsen bahan baku ke produsen kecil di seluruh industri.

Tempat Pengujian Produk

Salah satu persyaratan untuk menjual kosmetik adalah harus menguji produk untuk memastikan keamanannya. Dan ini biasanya memerlukan pengujian oleh perusahaan pengujian independen. Jadi seluruh industri rumah pengujian produk telah muncul untuk memenuhi kebutuhan industri ini. Ada perusahaan yang akan melakukan pengujian mikroba, pengujian stabilitas, dan pengujian keamanan. Ada juga perusahaan yang dapat membantu melakukan pengujian dukungan klaim. Di area ini, permintaan masih melebihi pasokan, jadi jika Anda adalah tipe wirausaha yang ingin segera membangun bisnis di industri kosmetik, memulai rumah pengujian produk akan menjadi cara yang bagus. Di Indonesia, tempat pengujian produk dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Konsultan

Meskipun Anda biasanya dapat menemukan perusahaan yang akan melakukan segala aspek pekerjaan, seringkali yang terbaik adalah menggunakan jasa salah satu dari banyak konsultan industri kosmetik. Konsultan dapat membantu dalam sejumlah bidang pengembangan produk seperti ide, formulasi, peningkatan skala, produksi, peraturan, dan masalah lain apa pun yang dapat Anda pikirkan. Konsultan juga dapat menjadi saksi ahli jika terlibat dalam beberapa litigasi. Konsultasi mewakili area hebat lainnya bagi seseorang yang ingin memulai bisnis mereka sendiri. Namun ketahuilah bahwa untuk menjadi konsultan industri kosmetik yang sukses, Anda harus pandai memasarkan diri sendiri.

Baca Juga : Strategi Harga dan Diskon Toko Retail Kosmestik

turboly.com