Strategi Voucher untuk Mengurangi Kerugian Return Penjualan

image

Toko ritel dapat mengizinkan pelanggan untuk mengembalikan barang yang dia beli, jika mereka tidak puas dengan barang tersebut dalam jangka waktu tertentu. Toko ritel dapat mengembalikan uang pelanggan atau mungkin menyimpan uang tunai pelanggan dan menawarkan dalam bentuk voucher return.

Dengan voucher return, toko akan menerbitkan voucher sesuai dengan dengan nilai return, voucher ini kemudian dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pembelian lain. Untuk menerbitkan voucher return untuk pelanggan di ritel, Anda memerlukan Sistem POS yang ideal seperti Turboly POS Retail.

Voucher return adalah nilai yang ditawarkan kepada pelanggan untuk setiap pembelian yang mereka lakukan. Kredit dalam bentuk voucher ini ini biasanya dibuat cukup fleksibel selama masih berada dalam toko yang sama. Namun, umumnya jika transaksi menggunakan voucher return maka pelanggan tidak akan mendapatkan tambahan diskon dan tidak bisa berpindah tangan.

Ketentuan Kebijakan

Toko ritel mungkin menawarkan refund dengan menerbitkan voucher return dengan syarat tertentu. Misalnya, saat terjadi pengembalian disebabkan produk rusak dan toko tidak memiliki stok lain. Maka Toko akan menerbitkan voucher return sebagai kompensasi pelanggan yang melakukan return max 7 hari sejak tanggal pembelian.

Menampilkan Kebijakan

Untuk menghindari terjadinya pelanggaran wajib untuk menunjukkan informasi yang menjelaskan strategi voucher return dimana pelanggan dapat melihatnya, agar pelanggan tidak merasa dirugikan.

Penggunaan Voucher Return

Ketika pelanggan kembali untuk melakukan pembelian lagi, nilai voucher di toko mungkin tidak sama persis dengan tagihan baru. Jika pembelian baru melebihi nilai voucher return pelanggan di toko, pelanggan harus membayar kelebihan tagihan.

Ada 3 cara skenario dalam menerbitkan voucher di toko retail :

  • Pengembalian dan perdagangan: Ketika pelanggan melakukan pengembalian/ sales return ditawarkan voucher senilai transaksi pengembalian tanpa perlu memberikan refund uang.
  • Voucher Gift Card: Ketika klien membeli voucher hadiah, pada dasarnya mereka membeli voucher untuk diberikan kepada orang lain.
  • Voucher Loyalitas: Salah satu hadiah paling terkenal yang diperoleh klien melalui program loyalitas adalah voucher untuk pembelian di masa mendatang. Voucher Loyalitas sifatnya gratis.

Baca Juga : Sisi Lain Retail Speciality Store

turboly.com