Mengenal Transaksi Retail Pre-order

image

Apa Sebenarnya Preorder Ritel itu? Pre Order retail adalah penjualan produk yang saat ini tidak tersedia dalam stok inventory. Ini terjadi ketika produk baru diumumkan, tetapi belum dirilis untuk dijual. Contohnya adalah di industri ponsel/ smartphone. Seringkali ponsel/ smartphone baru akan diumumkan jauh sebelum dirilis ke publik. Namun, vendor ponsel/ smartphone mungkin sudah ingin menjual ke para penggemar atau calon pengguna. Akibatnya, preorder ritel diterima dan kemudian dipenuhi setelah peluncuran produk baru. Preorder ritel memungkinkan pelanggan untuk menjadi yang pertama untuk memesan produk tertentu. Selain itu, ini memungkinkan retailer mengunci pesanan barang. Dengan cara yang sama, itu juga memberi produsen sinyal permintaan yang baik tentang jumlah yang dibutuhkan untuk ketersediaan publik. Semua ini sebelum tanggal rilis produk.

Siapa yang Menggunakan Pre Order Ritel?

Preorder ritel tidak spesifik untuk sub-sektor industri. Preorder sangat populer di industri ponsel/ smartphone dalam beberapa tahun belakangan. Namun, retailer produk “fan base” lain seperti barang mewah hingga video game juga dapat menggunakan fitur ini.

Mengapa Mengizinkan Pre Order?

Preorder ritel memungkinkan mendapatkan kepastian penjualan. Ini memberi pelanggan kesempatan untuk memesan barang yang mereka inginkan. Ini sekaligus memberi mereka kesenangan mengetahui bahwa mereka akan menjadi yang pertama memiliki barang-barang tertentu. Selain itu, ini memberikan perkiraan yang baik tentang permintaan pelanggan untuk barang dagangan baru. Lebih penting lagi, ini membuat perencanaan menjadi lebih mudah, bagi retailer, distributor dan pabrikan. Selain itu, dengan sinyal permintaan yang jelas, juga membantu efisiensi distribusi secara keseluruhan ke tempat permintaan akan berada.

Bagaimana cara menggunakannya?

Sistem penjualan seperti Sistem Point of Sale (POS) memang harus dilengkapi untuk dapat menggunakan fitur seperti preorder retail. Dengan Sistem POS yang mendukung fitur Pre Order seperti Turboly POS, kita dapat mengatur Item Produk apa yang bisa dilakukan Pre Order? Di toko mana pre order diterima? kapan pre order dimulai? Berapa diskon atau apa benefit kepada customer yang melakukan pre order? Semua fungsi itu dapat ditentukan dan di setup pada Sistem POS. Sehingga jika saat waktu pre order tiba, pelanggan akan mudah untuk dilayani tanpa banyak pertanyaan.

Selalu pastikan pelanggan benar-benar jelas tentang ekspektasi pengiriman pada Preorder ritel. Jika memungkinkan, beri tahu mereka tentang tanggal ketersediaan produk yang diharapkan. Gagal melakukannya, akan berakhir dengan pelanggan yang tidak puas. Tetapi, dilakukan dengan baik, ini dapat sangat membantu bisnis ritel dan menaikan brand image toko retail, serta memberi visibilitas terhadap apa yang akan datang.

Baca Juga : Plus Minus Penjualan Pre-Order

turboly.com