Peran Penting Akuntansi dalam Bisnis

image

Akuntansi mengacu pada pencatatan yang sistematis dan rinci dari transaksi keuangan bisnis. Ada banyak jenis, dari akuntansi untuk usaha kecil, akuntansi pemerintah, forensik, dan manajemen, hingga akuntansi untuk perusahaan.

Mengapa Akuntansi Penting?

Akuntansi memainkan peran penting dalam menjalankan bisnis karena membantu melacak pendapatan dan pengeluaran, memastikan kepatuhan hukum, dan memberikan investor, manajemen, dan pemerintah dengan informasi keuangan kuantitatif yang dapat digunakan dalam membuat keputusan bisnis.

Ada tiga laporan keuangan utama yang dihasilkan oleh catatan

  • Laporan laba rugi memberi informasi tentang untung dan rugi
  • Neraca memberi gambaran yang jelas tentang posisi keuangan bisnis pada tanggal tertentu.
  • Laporan arus kas adalah jembatan antara laporan laba rugi dan neraca dan melaporkan uang tunai yang dihasilkan dan dihabiskan selama periode waktu tertentu.

Sangat penting bagi untuk menjaga catatan keuangan tetap bersih dan up to date jika ingin bisnis tetap bertahan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ini penting untuk bisnis , besar atau kecil!

Membantu Mengevaluasi Kinerja Bisnis

Catatan keuangan mencerminkan hasil operasi serta posisi keuangan bisnis kecil atau perusahaan . Dengan kata lain, mereka membantu memahami apa yang terjadi dengan bisnis secara finansial. Catatan yang bersih dan terkini tidak hanya akan membantu melacak pengeluaran, margin kotor, dan kemungkinan utang, tetapi juga membantu membandingkan data saat ini dengan catatan akuntansi sebelumnya dan mengalokasikan anggaran dengan tepat.

Ini Memastikan Kepatuhan Hukum

Hukum dan peraturan bervariasi bisa bervariasi khususnya peraturan tingkat daerah tetapi sistem dan proses akuntansi yang tepat akan membantu memastikan kepatuhan terhadap undang-undang terkait bisnis .

Fungsi akuntansi akan memastikan bahwa kewajiban seperti pajak penjualan, PPN, pajak penghasilan, dan dana pensiun, untuk beberapa nama, ditangani dengan tepat.

Membantu Membuat Forecast & Perencanaan

Penganggaran dan proyeksi masa depan dapat membuat atau menghancurkan bisnis, dan catatan keuangan akan memainkan peran penting dalam hal itu.

Tren dan proyeksi bisnis didasarkan pada data keuangan historis untuk menjaga agar operasi tetap menguntungkan. Data keuangan ini paling tepat bila disediakan oleh proses akuntansi yang terstruktur dengan baik.

Baca Juga : Perbedaan Bookkeeping dan Akuntansi

turboly.com