Tips Nomor SKU Untuk Bisnis Retail

image

Ada banyak pendapat mengatakan untuk tidak menggunakan kembali nomor SKU lama yang sudah pernah digunakan. Tetapi pendapat ini tidak keliru sepenuhnya selama penggunaan kembali No SKU menunggu hingga beberapa tahun atau saat ada perubahan / penggantian jenis produk yang membuat produk lama sudah hampir pasti tidak akan dijual kembali. Namun hal ini memang tidak disarankan untuk sering diterapkan, khususnya terkait dengan produk yang memiliki masa garansi hingga 10 tahun agar tidak menimbulkan kebingunan.

Selain itu, ada beberapa saran terkait pembuatan no SKU khususnya bagi perusahaan - perusahaan yang bergerak di bisnis retail ataupun distributor :

2-3 digit pertama harus mewakili kategori/ tipe

Gunakan beberapa digit pertama nomor SKU untuk mewakili kategori paling penting tentang item tersebut bagi Anda, dan kerjakan fitur yang lebih unik dari item tersebut.

Hindari memulai SKU dengan angka 0

Tidak disarankan memulai SKU Anda dengan 0, terutama karena beberapa software inventory menafsirkan bahwa 0 secara harfiah adalah kosong. Artinya, ketika disuruh menyimpan nomor “012345”, perangkat lunak akan membacanya sebagai “12345.” Sebaiknya hindari membuat no SKU dengan awalan NOL.

Mulailah SKU Anda dengan huruf

Memulai SKU Anda dengan huruf adalah cara mudah untuk membantu mereka menonjol dalam spreadsheet yang diisi dengan angka lain. Ini memberikan isyarat visual yang mudah bahwa itu adalah awal dari nomor SKU, bukan kelanjutan dari nomor di sel sebelumnya.

Hindari menggunakan huruf yang terlihat seperti angka

Ini adalah praktik terbaik yang baik untuk menghindari penggunaan huruf yang dapat dikacaukan dengan angka atau bahkan huruf lain (‘Saya’ dapat terlihat seperti ‘1’ dan huruf kecil ‘L’, misalnya).

Jangan gunakan Manufacture Code sebagai SKU

Secara umum, disarankan agar toko tidak menggunakan kembali manufacturing code/ nomor pabrikan sebagai atau di dalam nomor SKU mereka untuk mencegah kebingungan. SKU dimaksudkan untuk menjadi unik untuk setiap perusahaan.

Hindari Makna Panjang dari No SKU

Jika ingin memiliki No SKU dengan makna yang lengkap ini akan membuat No SKU menjadi sangat panjang dengan digit yang banyak. Lebih baik hindari ini, buat lah No SKU dengan makna yang singkat namun jelas, agar staff gudang dan toko bisa lebih mudah dalam bekerja.

Hindari penggunaan tanda hubung dan titik

Secara teknis dapat menyertakan simbol dan tanda baca tertentu dalam nomor SKU (mis., “.”, “-“, “_” dan “/”), yang terbaik adalah menghindarinya. Karakter seperti titik dan tanda hubung dapat menyebabkan masalah saat mencetak barcode.

Baca Juga : Apa arti nomor SKU untuk Ritel

turboly.com