5 Alasan Distributor Harus Mempertimbangkan Solusi Cloud ERP

image

Departemen IT saat ini semakin memanfaatkan cloud untuk memberikan aplikasi dan layanan ke seluruh organisasi, serta kepada pelanggan dan mitra.

Vendor ERP yang modern dan berwawasan ke depan menawarkan versi cloud dari produk mereka. Teknologi cloud sangat penting untuk keseluruhan strategi IT saat ini dan ada juga vendor Sistem ERP yang sudah menjalankan platform ERP cloud hybrid.

Berikut adalah lima alasan untuk mempertimbangkan pindah ke cloud ERP:

1.Analisis Data Waktu Nyata

Bisnis bergerak dengan cepat, dan pengambil keputusan di organisasi Anda membutuhkan data yang paling mutakhir. Ini bisa menjadi sulit jika Anda tidak memiliki staf, keahlian, atau sumber daya keuangan untuk mendukung software lokal/ on premise canggih yang diperlukan.

Sistem Cloud ERP memiliki alat analisis data terbaru. Dengan sifat dasar cloud, Anda dapat meningkatkan penyimpanan dan penggunaan sumber daya sesuai kebutuhan, sehingga Anda tidak perlu membeli lebih banyak hardware untuk menjalankan analitik. Akibatnya, bisnis Anda, dari penjualan hingga ke akuntansi, dapat menggunakan informasi yang paling akurat untuk membuat keputusan, apakah itu mempertahankan kualitas atau meningkatkan penjualan pelanggan.

2. Implementasi yang lebih cepat

Menerapkan sistem ERP di tempat dapat memakan waktu berbulan-bulan, dan terkadang bertahun-tahun, untuk diselesaikan. Itu termasuk penilaian kebutuhan, perencanaan, peningkatan proses bisnis dan fase pemilihan ERP, pembelian hardware, instalasi, dan banyak lagi.

Sistem ERP cloud dapat aktif dan berjalan dalam waktu yang jauh lebih singkat daripada yang diperlukan untuk sistem ERP lokal. Cloud ERP menghapus langkah-langkah yang terlibat dalam pembelian dan pemasangan perangkat keras, serta mengkonfigurasi dan mengimplementasikan perangkat lunak. Dalam beberapa kasus, sistem cloud ERP dapat aktif dalam beberapa minggu.

3. Mengurangi Biaya Pemeliharaan

Selain dapat ditayangkan dengan cepat, memilih solusi cloud ERP berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan staff IT untuk memelihara sistem dan lebih banyak waktu tersedia untuk melakukan tugas dengan nilai lebih strategis. Penyedia software ERP memberikan pembaruan sehingga perusahaan akan selalu memiliki versi terbaru dan akses langsung ke fitur dan fungsionalitas baru. Selain itu, penyedia cloud bertanggung jawab untuk memasang lebih banyak ruang penyimpanan dan memutakhirkan fitur, serta menjalankan daya dan pemeliharaan ke server.

4. Keamanan yang Kuat

Sistem ERP menyimpan sejumlah besar data sensitif perusahaan, termasuk daftar pelanggan dan informasi pembayaran. Pelanggaran keamanan bisa sangat mahal dalam hal kehilangan pendapatan dan kehilangan kepercayaan pelanggan.

Keamanan secara tradisional telah dianggap sebagai penghalang untuk adopsi cloud. Dan banyak organisasi IT menganggap aplikasi cloud kurang aman dibandingkan solusi lokal. Tetapi kesenjangan risiko yang dirasakan mungkin telah hilang. Sebuah survei menyatakan bahwa risiko pelanggaran keamanan tidak lebih besar, atau bahkan lebih rendah, di lingkungan cloud. Inilah alasannya: Keamanan siber adalah disiplin khusus, dan hanya perlu satu celah bagi peretas untuk memasuki sistem. Penyedia cloud memiliki tim pakar keamanan dan kepatuhan dengan keahlian yang jauh lebih banyak daripada yang dapat Anda kembangkan sendiri.

5. Turunkan Biaya Operasional

Meskipun biaya tidak boleh menjadi satu-satunya faktor yang dipertimbangkan ketika pindah ke sistem cloud ERP, itu masih merupakan alasan penting mengapa perpindahan mungkin masuk akal bagi perusahaan. Selain uang yang dihemat dengan tidak memiliki hardware, perusahaan juga mengurangi biaya yang terkait dengan mempekerjakan spesialis untuk menerapkan dan memelihara sistem dari atas ke bawah. Penyedia Software ERP berbasis cloud menangani semua itu dalam 1 paket layanan.

Baca Juga : 5 Manfaat Menerapkan Sistem Perusahaan untuk Perusahaan Distribusi

turboly.com