5 Manfaat Menerapkan Sistem Perusahaan untuk Perusahaan Distribusi

Menerapkan sistem erp untuk perusahaan distribusi dapat mendorong Return of Investment (ROI). Banyak dari perusahaan-perusahaan ini mengalami gangguan karena kebutuhan dasar proses distribusi tidak berjalan dengan baik karena kacaunya jadwal pemenuhan kewajiban kepada konsumen.

Distributor dapat merasakan dampak dari tingginya permintaan pelanggan yang berfokus pada pelanggan. Selain itu, pasar yang sangat kompetitif yang bergeser ini memberi tekanan pada pedagang grosir dan distributor untuk memenuhi pesanan lebih cepat dan lebih efisien. Ini adalah area yang menantang dan Sistem ERP sudah hadir untuk membantu proses untuk menjadi fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan mereka. Tantangan utama bagi perusahaan distribusi adalah di bidang manajemen persediaan. Distributor, berusaha mencari cara untuk meningkatkan efisiensi proses pergerakan barang persediaan.

Manfaat Sistem ERP bagi Perusahaan Distribusi :

  • Visibilitas Real-time yang Ditingkatkan: Ketika sistem perusahaan distribusi terintegrasi di seluruh perusahaan, tim mendapatkan gambaran yang jelas dan lengkap dari keseluruhan operasi. Mengintegrasikan sistem yang menjalankan fungsi-fungsi penting membantu mempertahankan tingkat inventaris yang optimal, memfasilitasi pergerakan barang yang cepat, menyediakan fungsionalitas front-office yang kuat untuk personel layanan pelanggan, dan menghasilkan akses ke pelaporan real-time dan fleksibel.
  • Peningkatan Layanan Pelanggan: Pelanggan hari ini mengharapkan, dan menuntut, umpan balik segera tentang status pesanan - terbaik disediakan melalui sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM). Perangkat lunak CRM adalah dasar untuk layanan pelanggan yang baik. CRM juga memberikan layanan bernilai tambah yang membedakan di pasar. CRM memantau pengembalian pelanggan, keluhan, permintaan layanan, dan umumnya mendukung komunikasi yang baik dengan calon pelanggan atau pelanggan di luar tingkat penangkapan pesanan dasar. CRM juga dapat menjadi dasar untuk mengembangkan layanan nilai tambah yang berfokus pada pelanggan yang meningkatkan retensi pelanggan dan mempercepat diferensiasi pasar.
  • Manajemen Gudang yang Efisien: Kami menjelaskan kepada klien distribusi kami bahwa penting untuk mempertimbangkan sistem manajemen gudang yang lengkap. Sistem ini mengelola produk dengan cara otomatis, mulai dari tanda terima hingga sistem pentas dan pembatalan langsung, hingga gerakan yang disarankan dan pengambilan yang dioptimalkan. Sumber daya gudang dipandu dari ujung ke ujung oleh teknologi seperti tablet, perangkat genggam, dan perangkat pintar lainnya. Perangkat lunak manajemen gudang memungkinkan penghitungan fisik dihilangkan dengan penghitungan siklus dengan percaya diri.
  • Peningkatan Manajemen Rantai Pasokan: Sistem perusahaan terintegrasi menawarkan kemampuan manajemen rantai pasokan yang kuat yang mengoptimalkan perencanaan tingkat lanjut, impor barang dagangan, dan perencanaan persyaratan distribusi (DRP) untuk lingkungan pembelian yang terpusat dan saluran distribusi multi-gudang.
  • Laporan Lengkap: Menggunakan teknologi perusahaan modern untuk perusahaan distribusi memungkinkan perusahaan mendapatkan laporan atas data mereka seperti yang mereka inginkan — berdasarkan gudang, lini produk, lokasi, unit bisnis, dan dimensi lainnya. Pelaporan menjadi lebih mudah dengan otomatisasi. Sistem dapat mengotomatiskan populasi data, membuat peringatan bersyarat yang mengaktifkan laporan berdasarkan tren atau ambang batas, dan kemudian mendistribusikannya ke manajer inventaris,

Baca juga : EVOLUSI SOFTWARE ERP SISTEM UNTUK DISTRIBUTOR

www.turboly.com