4 Ide Inovatif Ritel yang Jangan Dilewatkan

image

Meskipun belanja Internet mengalami pertumbuhan, masih banyak juga konsumen yang lebih memilih berbelanja toko untuk mendapatkan pengalaman menarik. Hal ini harus direspon dengan baik oleh toko retail agar tetap menarik dikunjungi, bukan hanya dari sisi harga dan produk namun juga harus mampu memberikan inovasi pelayanan yang efektif. Berikut adalah 4 ide inovatif ritel yang membuat berbelanja lebih menyenangkan, menarik, dan nyaman.

Produk Trial Virtual adalah salah satu ide ritel inovatif

Tidak setiap pembelanja memiliki waktu atau kesabaran untuk mengantri dan menunggu untuk bisa mencoba suatu produk, apakah itu baju ataupun kacamata optik. Toko retail bisa berinovasi dengan menawarkan percobaan produk secara virtual, sehingga konsume dapat memvisualisasikan produk yang ingin mereka beli, adalah salah satu pendekatan inovatif yang dapat digunakan toko ritel untuk mengatasi masalah ini.

Orang dapat memperoleh gambaran yang cepat dan akurat tentang apa yang akan terlihat dan bagaimana mereka akan cocok atas produk yang diinginkan dengan bantuan teknologi ini. Dengan cara ini juga konsumen akan merasa lebih aman karena tidak perlu kuatir tentang kebersihan produk dibandingkan dengan mencoba secara konvensional.

Metode pembayaran cepat

Konsumen sekarang lebih cenderung “cepat” dalam bertransaksi. Memilih item yang mereka inginkan, coba, bayar langsung secara online (QRIS). Jadi pembayaran cepat adalah salah satu ide ritel inovatif yang perlu dipertimbangkan. Itulah sebabnya trend toko ritel sekarang mulai menggerakan jenis transaksi pick up in store ataupun self service cashier.

**Menggabungkan Proses Online dan Offline di Toko **

Sebuah bisnis ritel bisa mendapatkan keuntungan dari menggabungkan saluran online dan fisik. Misalnya, dapat memasang PC Point of Sale (POS) yang berisikan katalog produk di dalam toko yang memungkinkan pelanggan memeriksa secara online untuk melihat apakah barang tersedia dan di mana mereka berada. Ini menguntungkan karena banyak pembeli berinteraksi secara online untuk melihat apakah ada stok.

Interaksi dengan pelanggan

Pelanggan mengingat pengalaman mengesankan yang diciptakan oleh tampilan ritel interaktif setelah mereka meninggalkan toko ritel. Mereka akan membagikan pengalaman dan bahkan foto tampilan display, review online, atau apa pun yang menarik perhatian orang. Salah satu ide ritel inovatif adalah menjaga hubungan dengan pelanggan. Sediakan benefit khusus untuk mereka yang bersedia membagikan pengalaman positif berbelanja di toko kepada masyarakat luas.

Kesimpulan

Setelah mendapatkan 4 ide inovatif retail di atas, bisa menciptakan keseruan bagi pelanggan saat mengunjungi toko.

Baca Juga : Bagaimana Sistem ERP Membantu Bisnis Ritel?

turboly.com