Bagaimana Sistem ERP Membantu Bisnis Ritel?

image

Kemajuan teknologi telah membuat perubahan signifikan dalam industri ritel. Saat ini pelanggan berbelanja di banyak cara mulai dari offline hingga online. Untuk memenuhi pengalaman online yang mulus bagi pelanggan, bahkan retailer tradisional pun merangkul lingkungan bisnis baru.

Perubahan ini mempergaruhi semua skala bisnis ritel dari retailer kecil hingga besar juga sama. Margin yang ketat, peningkatan tingkat persaingan, bisnis ini seharusnya menawarkan diskon, harga yang bervariasi, stok yang bergerak konstan, dll. Dengan ekspansi bisnis mereka, pengelolaan beberapa outlet menjadi tugas yang sulit.

Operasi yang disederhanakan adalah solusi untuk menangani semua masalah tersebut. Tetapi hal-hal seperti itu tidak dapat dicapai melalui metode manual, dan disinilah peran software ERP.

Peran software ERP Pada Sektor Ritel

Software ERP yang disederhanakan memfasilitasi tuntutan bisnis ritel ujung ke ujung; itu melacak dan mencatat transaksi bisnis secara real-time. Jika digunakan secara efisien, software ini dapat menangani operasi toko, mempercepat produktivitas, dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Di bawah ini adalah beberapa perubahan signifikan yang dapat diberikan oleh software ERP ke sektor ritel.

Penggabungan beberapa saluran penjualan

Ritel selalu mencari beberapa saluran yang dapat bekerja secara bersamaan untuk menangani semua operasi dengan lancar. ERP mengintegrasikan semua saluran ini ke dalam platform terpadu, sehingga memungkinkan departemen untuk berbagi informasi secara real-time.

Efisiensi operasional Software ERP ritel dapat menyimpan, mencatat, dan mengelola semua informasi secara otomatis. Ini akan menyederhanakan seluruh proses dan akan menjauhkan pengecer dari upaya manual yang berulang ini. Hal ini meningkatkan efisiensi perusahaan dan memungkinkan mereka untuk memenuhi target tepat waktu yang menghemat biaya operasional.

Otomatisasi penjualan dan pencatatan pembayaran

Setiap transaksi terkait penjualan dicatat oleh Sistem Point of Sale (POS) secara otomatis seperti Turboly POS. Hal ini mengurangi kemungkinan kesalahan manusia, seperti yang terjadi pada proses manual. Saat ini software ERP hadir dengan Sistem POS, dan ini telah memberikan kecepatan baru pada transaksi penjualan, karena menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Alat ini telah mengurangi waktu tunggu pelanggan selama penagihan. Juga, sistem membuat data real-time dengan demikian, menjadi mudah untuk mendapatkan semua transaksi melalui ERP pusat. Ini membantu manajemen untuk mengawasi gerai ritel lainnya.

Informasi secara Real-Time

Untuk membuat pilihan bisnis yang baik, memiliki akses ke data yang benar saat Anda membutuhkannya sangat penting, itulah sebabnya software ERP ritel merupakan bagian penting dari bisnis yang menguntungkan. Ini karena ini memberikan data real-time dari semua area bisnis Anda. Ini menyinkronkan semua platform dan fungsi bisnis seperti software akuntansi untuk memiliki pandangan yang jelas tentang data yang dapat Anda andalkan saat mempersiapkan dan menyusun strategi. Dalam dunia ritel yang bergerak cepat dan dengan pengalaman konsumen omnichannel, ini sangat penting ketika menangani barang dagangan, stok, harga, promosi, konsumen, dan pesanan melalui berbagai platform.

Manajemen persediaan

Kontrol stok sangat penting untuk mengoperasikan toko ritel, dan memastikan bahwa Anda memiliki barang yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen. Terlalu banyak dan terlalu sedikit stok, serta kurangnya visibilitas ke mana stok disimpan, dapat memicu masalah keuangan. Anda tahu persis apa yang ada di persediaan dan di mana letaknya, berkat alat manajemen persediaan ERP dan solusi manajemen stok. Anda juga dapat menggunakan program khusus ini untuk memetakan pola dan membuat prediksi jangka panjang berdasarkan bukti sejarah.

Layanan Manajemen Hubungan Pelanggan

Selain pemantauan persediaan, Software ERP yang tepat juga memungkinkan untuk melacak dan memantau riwayat pembelian konsumen. Memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang klien akan meningkatkan kepuasan konsumen. Kerangka kerja ERP menangkap data dari semua platform penjualan secara otomatis. Data yang dihasilkan dapat dianalisa pola dan keinginan pembelian mereka menggunakan metode pelaporan yang sesuai, memberi visibilitas tentang bagaimana dapat melayani mereka dengan lebih baik.

Solusi untuk Points-of-Sale (POS)

Vendor ERP, seperti Turboly Cloud ERP, menyediakan solusi Point Of Sales (POS) terintegrasi yang dibuat untuk membantu merampingkan proses ritel sambil tetap memberi lebih banyak kontrol dan data. Detail penjualan dan konsumen langsung disinkronkan dengan kerangka kerja ERP di kantor pusat, dan produk, harga, stok, dan promosi semuanya akan tercermin dalam POS, memastikan bahwa seluruh perusahaan mendapatkan data yang benar.

Analisis Penjualan banyak pilihan besar perusahaan akan dibuat dengan satu tujuan: meningkatkan pendapatan. Itulah mengapa data analitik yang dihasilkan oleh software ERP sangat penting.

Baca Juga : Pentingnya Memeriksa Kesehatan Sistem ERP

turboly.com