Apa Itu Analisis Kategori Produk Dan Mengapa Penting?

image

Analisis kategori produk adalah proses mengevaluasi kategori produk untuk memperdalam pemahaman tentang berbagai faktor yang meningkatkan atau menurunkan permintaan untuk suatu kategori produk. Analisis kategori produk mencakup ringkasan kategori produk dan menggali jauh untuk akhirnya sampai pada laporan lebih rinci dari setiap kategori produk. Hal ini dilakukan oleh tim marketing untuk memposisikan produk mereka dan mempromosikannya secara lebih efektif.

Analisis kategori produk memberikan informasi mendalam tentang pengalaman pelanggan, tren yang muncul di pasar, informasi tentang pesaing dan aktivitas pemasaran mereka. Analisis produk kategori akan memungkinkan membuat keputusan bisnis tepat.

Analisis pesaing dan analisis pengalaman pelanggan merupakan bagian dari analisis kategori produk. Secara keseluruhan, ini akan menghasilkan informasi mendalam tentang apa yang unik dan istimewa tentang produk, dan bagaimana produk harus diposisikan di pasar untuk memberikan pertumbuhan dan profitabilitas maksimum.

Mengapa Analisis Kategori Produk Penting?

Analisis kategori produk penting untuk menggali lebih dalam ke bagian-bagian tertentu seperti merek, pasar, persepsi konsumen, komunikasi konsumen, tren, dan pesaing untuk menarik kesimpulan yang akan membantu menyiapkan masalah utama produk.

Sering kali, top level manajemen perusahaan memiliki beberapa pertanyaan seperti:

  • Kategori produk mana yang berkontribusi signifikan terhadap total penjualan?
  • Kategori produk mana yang tidak berkinerja baik?
  • Bagaimana produk kami dibandingkan dengan produk lain di pasar?
  • Apa tren dalam kategori produk ini?
  • Wilayah geografis mana yang memiliki lebih banyak margin?

Manajemen ingin mengetahui hal ini sehingga mereka dapat dengan mudah memahami dan menemukan masalah dengan cepat.

Dengan informasi ini, manajemen perusahaan dapat dengan mudah melihat area peningkatan, membandingkan posisinya dengan produk lain, dan juga mengidentifikasi posisinya yang kuat dalam penggerak tertentu.

Analisis kategori membawa kejelasan dan menjawab pertanyaan penting seperti:

  • Apa kisaran produk yang ditawarkan oleh kategori?
  • Siapa kompetitor utama?
  • Apa saja produk yang dijual oleh pesaing?
  • Apa tren yang muncul?
  • Apa yang dipercaya pelanggan?

Manajemen dapat memiliki pandangan dan pengetahuan mendalam tentang produk, pelanggan, dan persaingan. Analisis kategori menawarkan informasi yang dapat membantu memaksimalkan peluang untuk terhubung dengan pelanggan dan memenangkan persaingan.

Baca Juga : Mengenal Strategi Penetrasi Harga?

turboly.com