Mengenal Strategi Penetrasi Harga?

image

Penetapan penetrasi harga adalah strategi penetapan harga yang melibatkan penawaran produk atau layanan baru pada titik harga yang lebih rendah kepada pembeli. Dengan memberikan harga rendah, produk menjadi menarik dan bisa mengurangi hambatan konversi, memudahkan merek dan produk baru untuk mendapatkan perhatian di pasar.

Pelaku pasar baru juga menggunakan penetrasi harga sebagai strategi berbeda dari pesaing. Strategi ini memungkinkan mereka untuk:

  • Bangun loyalitas merek
  • Dapatkan pangsa pasar
  • Hasilkan permintaan substansial
  • Mengganggu pasar
  • Menarik bisnis baru dari pesaing

Penetapan penetrasi harga sering kali merugikan penjual karena otomatis akan memotong keuntungan dengan tujuan untuk lebih menarik konsumen

Jika produsen atau distributor yakin dengan kualitas produknya adalah yang terbaik, menurunkan harga hanyalah “kail” untuk menarik konsumen. Jika dilakukan dengan benar, maka konsumen akan berbondong-bondong membeli produk.

Keuntungan dari penetrasi harga. Beberapa keuntungan utama dari harga penetrasi termasuk yang berikut :

Peluang menjadi pemimpin pasar. Strategi penetrasi harga bisa mengejutkan kompetitor. Ini memberi waktu untuk mencuri perhatian konsumen.

Meningkatnya minat konsumen. Ini bergantung pada jenis pelanggan ritel yang ditargetkan. Namun secara umum, menawarkan opsi yang terjangkau dapat menghasilkan tingkat konversi yang tinggi dan dapat membuat produk menjadi viral yang pada akhirnya menghasilkan pola marketing mulut ke mulut secara gratis.

Skala ekonomi. Strategi penetapan penetrasi harga bertujuan untuk mendapatkan perhatian konsumen. Harapan akan volume penjualan yang lebih tinggi mengimbangi strategi penetapan harga rendah. Manfaat lain dari ini adalah bahwa produk yang bergerak cepat.

Kompetisi berkurang. Beberapa perusahaan mungkin tidak dapat menurunkan harga secara signifikan, yang bisa menghambat mereka. Tetapi saat harga mulai dinaikan secara bertahap sesuai dengan margin keuntungan yang diinginkan, strategi baru harus ditemukan untuk bersaing secara efektif dengan mereka.

Meningkatkan loyalitas pelanggan. Strategi ini adalah salah satu cara tercepat untuk membangun loyalitas pelanggan. Harga rendah menarik mereka, tetapi produk yang sangat baik membuat mereka kembali bahkan saat harganya merangkak naik.

Mengintegrasikan penetrasi harga ke dalam strategi pemasaran dapat mengurangi kendala yang terkait dengan peluncuran produk baru. Strategi ini memungkinkan untuk membangun basis pelanggan dari waktu ke waktu sebelum target harga tercapai dan memberi ruang di pasar yang kompetitif.

Tetapi strategi ini bukan untuk semua orang. UKM perlu mencari tahu apakah itu strategi yang tepat untuk bisnis mereka. Gunakan Sistem ERP Retail untuk menganalisa data secara akurat sebelum strategi ini dapat diimplementasikan.

Baca Juga : 5 Alasan Distributor Harus Mempertimbangkan Solusi Cloud ERP

turboly.com