Pentingnya Memeriksa Kesehatan Sistem ERP

image

Mengapa penting untuk menilai kesehatan Sistem ERP? Karena hasilnya mengungkapkan kemampuan dan kekuatan teknologi yang diandalkan untuk mengelola proses inti perusahaan untuk mendorong kinerja bisnis.Melakukan pemeriksaan kesehatan, dan mengukur kematangan proses perusahaan, memberi perusahaan evaluasi nilai dan risiko melalui sebuag sistem, dan penilaian kemampuan keseluruhan solusi ERP. Perusahaan distributor yang mengandalkan solusi ERP lawas yang ketinggalan zaman dapat mengekspos perusahaan mereka pada risiko yang dapat dihindari. Sangat penting untuk memiliki evaluasi kesehatan Sistem ERP yang akurat untuk menentukan apakah sudah waktunya untuk berinvestasi Sistem ERP baru. Dengan meluangkan waktu untuk menilai kesehatan, pembuat keputusan perusahaan akan memiliki perspektif yang lebih terinformasi tentang kelayakan solusi ERP mereka saat ini.

Tapi dari mana pemeriksaan ini mulai? Dan faktor apa saja yang harus diukur?

Pemeriksaan menyeluruh yang bekerja melalui lima area ini dapat menentukan apakah perusahaan Anda terhambat oleh sistem ERP lawas yang ketinggalan zaman:

Lima Area Fokus :

1.Nilai

Pertanyaan awal tentang sistem ERP harus berhubungan dengan nilai, khususnya:

  • Apa nilai yang diberikan oleh sistem ERP kami saat ini?
  • Apa nilai dari sistem ERP baru?
  • Bisakah sistem ERP kita yang ada cocok dengan nilai ERP yang baru?
  • Apakah bisnis kita terhambat oleh kurangnya sistem ERP atau sistem yang mutakhir?

2.Risiko

Pertanyaan tentang risiko cenderung berkisar pada potensi sistem untuk turun atau tidak dapat pulih setelah bencana. Dan, yang pasti, pertanyaan tentang kelangsungan bisnis dan kegagalan bencana penting untuk ditangani. Tetapi ada risiko lain yang jauh lebih merusak perusahaan, dan itu terjadi dengan frekuensi yang jauh lebih besar:

  • Kerusakan sistem dan perangkat keras
  • Perubahan dukungan vendor
  • Kemampuan staf TI untuk mendukung sistem
  • Pemeliharaan dan celah keamanan
  • Mengubah peraturan pemerintah
  • Stabilitas dan kekuatan vendor

3.Biaya & Kontrak

Penilaian kesehatan harus memperhitungkan biaya langsung dan tidak langsung dari suatu implementasi. Sistem ERP baru mewakili investasi besar dalam pengeluaran modal dan sumber daya staf, serta komponen lain seperti manajemen perubahan dan pelatihan. Berusahalah untuk mendapatkan perbandingan antara biaya pemeliharaan sistem yang ada versus penerapan solusi baru.

4. Risiko Teknologi dan Platform

Pertanyaan rinci harus ditanyakan tentang teknologi yang mendasari, seperti struktur database dan model pengiriman. Dan penting untuk menentukan, misalnya, apakah solusi tersebut akan memungkinkan pertumbuhan di masa depan dan mendukung bisnis go international.

5. Risiko Implementasi & Dukungan

Pertanyaan kunci di sini meliputi: Apakah implementasi akan dikelola langsung oleh vendor? Atau akan dikelola oleh mitra integrasi sistem atau perusahaan konsultan? Apakah mitra konsultan memiliki keahlian di industri? Dukungan apa yang akan diberikan oleh vendor selama dan setelah implementasi?

Baca Juga : 5 Manfaat Menerapkan Sistem Perusahaan untuk Perusahaan Distribusi

turboly.com