Data Kunci Keberhasilan Implementasi Software ERP

image

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah cara yang bagus untuk mengotomatisasi proses bisnis dan meningkatkan efisiensi, akurasi, dan produktivitas tenaga kerja secara keseluruhan. Satu hal yang tidak disadari oleh banyak bisnis saat memulai implementasi Sistem ERP, adalah bahwa mengintegrasikan software ini ke dalam alur kerja perusahaan bukan hanya tentang mentransfer data lama ke sistem baru. Bisnis sering gagal menyadari pentingnya membersihkan data sebelum ditransfer ke sistem ERP baru. Data bersih berpotensi meningkatkan peluang kesuksesan implementasi ERP.

Mengapa penting untuk membersihkan data Anda sebelum Anda bermigrasi ke sistem ERP yang baru?

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya data menjadi kotor? Nah, membersihkan data Anda tidak berarti Anda harus membersihkannya secara fisik. Data bersih adalah data yang telah dibersihkan dari semua file yang tidak lagi bermanfaat bagi bisnis Anda.

Dimungkinkan untuk memigrasikan data Anda ke software baru Anda tanpa membersihkannya, namun, pembersihan data sebelum pindah ke sistem baru Anda akan membuat prosesnya lebih berhasil. Data yang bersih lebih mudah untuk diproses oleh sistem ERP, juga akan meningkatkan kecepatan dan efisiensi migrasi. Setelah membersihkan data Anda, semua informasi yang akan dipindahkan ke software baru Anda akan diperbarui dan akurat. Ini juga akan meningkatkan kualitas data dan mengurangi kemungkinan kesalahan penggunaan data yang salah dalam bisnis Anda.

Manfaat utama dari data bersih meliputi:

  • Pengambilan keputusan yang lebih baik
  • Hasil dan pendapatan yang ditingkatkan
  • Menjaga reputasi perusahaan yang baik
  • Minimalkan masalah kepatuhan
  • Hemat waktu, kurangi pemborosan, dan hemat uang

Apa bahaya tidak membersihkan data Anda?

Jika Anda tidak membersihkan data Anda sebelum memindahkannya ke software ERP baru Anda, file data yang duplikat atau tidak dapat diandalkan dapat disalah artikan sebagai data saat ini yang dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang buruk. Dibutuhkan hanya satu bagian dari data yang tidak akurat bagi seorang karyawan untuk membuat keputusan yang dapat mengganggu seluruh bisnis.

Jika ini terjadi, perusahaan yang tidak dapat menangani data dengan benar sering menjadi sorotan dunia bisnis karena data merupakan bagian penting dari proses dan operasi sehari-hari. Reputasi yang buruk akan mempengaruhi peluang untuk berkembang.

Data bersih dapat memberi awal yang baru dengan software ERP baru

Jika Anda telah berinvestasi dalam software ERP baru, hal terakhir yang tidak diinginkan adalah menjadi berantakan karena banyak data “sampah”. Membersihkan data Anda sebelum bermigrasi ke ERP baru akan membantu memulai dari awal dan menghindari jebakan yang dapat diakibatkan oleh data yang buruk. Membersihkan data sebelum migrasi akan menghasilkan sistem ERP yang akan bekerja lebih baik untuk Anda dan akan menempatkan Anda dan bisnis Anda di jalur menuju kesuksesan!

Baca Juga : Sistem ERP Menghadapi Transformasi Digital Digital Twins

turboly.com