Trend Ritel Produk Kosmetik Berkelanjutan

image

Dalam bisnis pembuatan dan distribusi produk kecantikan, mungkin sering berpikir tentang proses operasional, dan sistem apa yang harus digunakan untuk memastikan bisnis masih relevan dengan perubahan pola dan trend dalam industri kecantikan.

Dorongan akan produk yang berkelanjutan berarti bahwa setiap bisnis yang mempertimbangkan untuk memperkenalkan produk baru ke pasar atau menyempurnakan yang sudah ada harus merevisi proses manajemen rantai distribusi agar dapat memenuhi permintaan secara efektif.

Produk apa pun yang dibutuhkan bisnis produk kecantikan untuk diproduksi dan didistribusikan, kemungkinan besar akan pasang surut berdasarkan tren musiman yang didorong oleh pelanggan, sehingga memiliki Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang tepat akan memberi alat bantu yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan permintaan.

Mari kita telusuri beberapa tren terbaru dalam industri kecantikan, dimulai dengan pertumbuhan produk DIY - do-it-yourself.

Meningkatnya permintaan untuk produk kecantikan buatan sendiri

Pandemi memperkenalkan permintaan baru untuk gaya profesional dan produk kecantikan yang ditemukan di toko kosmetik dan produk kecantikan ritel yaitu produk yang bisa digunakan di rumah. Akibatnya, ada trend membuat produk kosmetik dan kecantikan sendiri mendapat dorongan besar dengan supplier meningkatkan penjualan bahan baku produk langsung ke konsumen untuk dicampur,, dan digunakan di rumah sesuai keinginan mereka.

Sebagai distributor kosmetik dan produk kecantikan yang terlibat dalam penjualan ini, sistem ERP yang tepat dapat menjadi segalanya untuk menjadi pemimpin pasar. Membantu mengelola hubungan supplier secara efektif dan memantau tingkat stok gudang untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki bahan yang tepat tersedia pada waktu yang tepat.

Produk untuk pasar yang beragam

Segmen konsumen retail kosmetik seperti wanita dewasa, banyak produsen semakin mencari untuk memenuhi kebutuhan spesifik pasar ini, sambil memastikan penawaran mereka yang ada bersifat inklusif dan disesuaikan dengan persyaratan demografis yang berkembang dan beragam. Untuk produsen yang terlibat dalam perencanaan produksi, akan sangat membantu untuk memastikan pasar ini dipenuhi.

Produk Keberlanjutan

Gelombang minat pada produk-produk vegan dan organik, bahan-bahan yang ramah lingkungan dan bersumber secara etis, membutuhkan perhatian yang lebih besar pada proses manajemen rantai distribusi. Untuk produsen, manajemen data produk harus menjadi bagian inti dari data yang direkam dan dilacak. Dari desain produk awal dan penetapan biaya hingga aftercare dan garansi, Sistem ERP menawarkan ketertelusuran penuh di setiap tahap siklus hidup produk.

Fokus kesehatan

Permintaan akan produk yang berhubungan dengan kesehatan juga meningkat, dengan penekanan pada formulasi produk yang merangkul pendekatan yang lebih ‘holistik’. Bahan aktif dapat mengatasi kecemasan, stres, kelelahan, dan area lain yang ingin ditingkatkan oleh konsumen.

Baca Juga : 3 Masalah Utama Retail Kecantikan dan Kosmetik

turboly.com