Mengenal Berbagai Modul Dalam Sistem ERP

image

Apa itu modul ERP? Bagaimana modul ini membantu pertumbuhan bisnis

Software ERP ada di mana-mana dalam bisnis dari semua ukuran. Desain modular ERP menyediakan data dan mendukung proses yang membantu karyawan mengelola tugas sehari-hari mereka. Setiap modul diintegrasikan ke dalam sistem untuk memastikan satu sumber data akurat dalam organisasi.

Ini adalah beberapa modul dasar yang ditawarkan ERP:

  • Keuangan dan Akuntansi
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manufaktur
  • Manajemen Pembelian
  • Manajemen persediaan
  • Manajemen Gudang
  • Pengelolaan hubungan pelanggan
  • Penjualan

Modul ERP Dijelaskan

  1. Keuangan dan Akuntansi

Modul ini memungkinkan produsen untuk memahami keadaan keuangan saat ini dan pandangan masa depan perusahaan. Fitur utama dalam modul ini termasuk buku besar, hutang, piutang, dan perpajakan.

Modul Keuangan dan Akuntansi di ERP mengotomatiskan tugas penagihan, rekonsiliasi akun, pembayaran vendor, dan banyak lagi. Data perencanaan dan analisis keuangan membantu menyiapkan laporan utama seperti laporan Laba Rugi.

2.Manajemen Sumber Daya Manusia

Modul ini mempromosikan pendekatan untuk mengelola, merekrut, dan mengembangkan sumber daya manusia (karyawan). Modul perangkat lunak Human Capital Management adalah tempat penyimpanan data karyawan. Ini membantu departemen Sumber Daya Manusia dengan proses orientasi dan memastikan pendidikan tentang organisasi dibagikan kepada semua karyawan.

Dari penggajian hingga pajak, permintaan cuti, perjanjian, dll., Semua tersedia di ERP. Fungsi modul Human Capital Management meliputi manajemen talenta, manajemen tenaga kerja, manajemen kepatuhan, dan pemeliharaan data karyawan.

  1. Manufaktur

Versi pertama ERP dirancang untuk produsen. MRP atau Perencanaan Kebutuhan Material adalah versi paling awal dari ERP yang membantu bisnis memperkirakan jumlah bahan baku untuk menjadwalkan pengiriman tepat waktu.

ERP modern untuk produsen menawarkan fungsionalitas seperti Perencanaan Kebutuhan Material (MRP), Perencanaan dan Penjadwalan Lanjutan (APS), dan Sistem Eksekusi Manufaktur (MES).

Perencanaan Kebutuhan Bahan menyinkronkan aliran bahan yang selaras dengan jadwal produksi. Ini berfokus pada retensi pelanggan, pengurangan biaya, dan produktivitas melalui satu tampilan dari semua aktivitas yang didorong oleh permintaan.

Perencanaan dan Penjadwalan Tingkat Lanjut membantu produsen memetakan setiap sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi pesanan dan mengirimkannya tepat waktu. Ini mengotomatiskan proses mengubah perencanaan menjadi pesanan produksi. Ini juga menyesuaikan jadwal secara real-time dan memperkirakan dampak hilir dalam operasi.

Sistem Eksekusi Manufaktur melacak, mengumpulkan, dan memantau data akurat tentang siklus produksi. Ini mempromosikan pengumpulan data, pelacakan produk, dan manajemen kontrol kualitas dan sumber daya.

  1. Manajemen Pembelian

Manajemen Pesanan menyediakan satu platform untuk mengelola pesanan dari semua saluran penjualan, mulai dari penerimaan hingga pengiriman. Ini melacak status mereka saat dikirim ke pelanggan. Ini memastikan pengiriman pesanan tepat waktu dan tidak ada pesanan yang hilang.

Manajemen Pesanan menyediakan satu platform untuk meningkatkan efisiensi, pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan pengelolaan semua saluran penjualan. Dari melacak pesanan hingga mengelola orang dan data yang terhubung ke pesanan, modul Manajemen Pesanan memberikan visibilitas dan ketersediaan layanan.

  1. Manajemen Persediaan

Manajemen Persediaan memungkinkan produsen untuk mendapatkan informasi inventaris waktu nyata dan mengelola semua aspek bisnis dalam satu platform. Ini termasuk keuangan, perencanaan, logistik, dan operasi.

Modul ERP Manajemen persediaan menyediakan inventaris just-in-time (JIT), penerimaan barang real-time, dan tingkat inventaris, penilaian inventaris masuk dan keluar, analisis item ABC, audit inventaris, perkiraan akurat, pengiriman drop langsung, dan banyak lagi.

  1. Manajemen Gudang

Software Manajemen Gudang mengelola operasi gudang bervolume tinggi dan memandu karyawan selama operasi, mulai dari penyimpanan hingga pengambilan, pengepakan, dan pengiriman. Ini adalah modul penting untuk organisasi manufaktur.

Manajemen Gudang mengurangi waktu siklus dan biaya overhead sambil meningkatkan perputaran persediaan. Ini memungkinkan Anda secara otomatis mengoordinasikan dan merekam pergerakan inventaris. Ketika modul ini diintegrasikan ke dalam solusi ERP, karyawan dapat dengan mudah menemukan produk yang tepat untuk memastikan pengiriman tepat waktu kepada pelanggan.

  1. Manajemen Hubungan Pelanggan

Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) membantu produsen mengelola siklus hidup pelanggan, mulai dari kontak awal hingga penjualan, produksi, serta layanan pemeliharaan dan dukungan pasca-penjualan. Anda dapat menemukan informasi tentang pelanggan dan prospek, riwayat komunikasi mereka, dan riwayat pembelian.

ERP CRM membantu Anda membuat dan mengelola perjanjian layanan dan garansi secara efisien dan memberikan respons yang lebih cepat terhadap panggilan layanan. Ini memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi operasi seperti menghasilkan piutang, mengirim pemberitahuan, mengisi pesanan pembelian, dan banyak lagi.

  1. Penjualan

Modul penjuakan dalam Sistem ERP yang terintegrasi dengan modul CRM, Manajemen Persediaan, Pemesanan hingga ke Keuangan dan Akuntansi. Modul Penjualan ERP menyediakan solusi untuk penjualan retail, distributor hingga ke distributor secara konsinyasi.

Modul penjualan memastikan otomatisasi, informasi real-time, konsistensi data, dan menghilangkan redundansi data. Ini menghemat waktu dan menghilangkan kemungkinan kesalahan entri data manual.

Memilih Software ERP yang tepat untuk bisnis

Memilih Software ERP yang tepat untuk perusahaan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan dedikasi, kesabaran, dan ketekunan tingkat tinggi untuk memilih satu sistem ERP di antara banyak solusi yang tersedia. Software ERP memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan bisnis, mengurangi biaya, dan memastikan efisiensi operasional.

Baca Juga : Sistem Cloud ERP Dapat Menghilangkan 7 Risiko Bisnis

turboly.com