Apa Itu Flash Sale?

image

Flash sale adalah promo diskon penjualan dalam waktu yang terbatas. Jenis promosi ini biasanya berlangsung dari beberapa jam hingga satu atau dua hari. Dengan durasi waktu yang terbatas akan menciptakan rasa urgensi yang mendorong pembelian impulsif customer untuk melakukan pembelian saat itu juga karena jumlah yang ditawarkan terbatas.

Meskipun durasinya terbatas, promosi ini dapat meningkatkan penjualan sebuah produk secara signifikan. Flash sale juga berarti diskon besar-besaran. Mereka biasanya menawarkan potongan harga yang lebih besar daripada promosi biasanya, dan flash sale umumnya terbatas pada produk dan kategori tertentu.

Manfaat Flash Sale, setelah kita mengetahui arti flash sale, mari kita telusuri apa yang membuat strategi ini sangat bermanfaat bagi bisnis ritel.

Mengalirkan Persediaan

Promosi dengan waktu terbatas adalah teknik yang efektif untuk untuk menjual persediaan yang selama ini sulit kita jual, atau yang terlalu banyak kita miliki. Dengan flash sale kita dapat memindahkan persediaan dengan lebih cepat, dan memberikan ruang untuk produk lain yang lebih laku.

Meningkatkan Aliran Arus Kas

Flash sale membantu mengalirkan persediaan, dengan produk yang dijual dengan harga diskon yang besar tentu akan lebih diminati oleh customer . Walaupun begitu , kita tetap harus memperhatikan margin agar tidak mengalami kerugian.

Meningkatkan Transaksi

Saat customer mengetahui toko anda melakukan flash sale, mereka akan cenderung mampir ke toko atau berkunjung toko e-commerce agar tidak ketinggalan update dari program flash sale toko.

Menarik Customer Baru

Flash sale dengan target pasar yang jelas biasanya akan meningkatkan reputasi toko dan meningkatkan peluang mendapatkan customer baru sesuai target pasar kita. Dan jika customer baru menyukai produk yang mereka beli saat flash sale, mereka mungkin akan datang kembali, membeli dengan harga normal dan berakhir menjadi customer setia.

Bagaimana Sistem POS dapat membantu

Fungsi dari aplikasi Point Of Sale (POS) bisa digunakan untuk membuat proses transaksi flash sale lebih singkat dibanding dengan proses penjualan manual. Sistem POS akan menghasilkan laporan data penjualan untuk mengidentifikasi produk mana yang kurang laku. Sehingga dari informasi data tersebut kita bisa membuat variasi diskon untuk jenis produk tertentu saat merancang strategi flash sale. Sistem POS bisa dioptimalkan untuk penentuan strategi penetapan harga di toko.

Baca Juga : Tips Menerapkan Diskon Tanpa Mengorbankan Keuntungan

turboly.com