Bagaimana Bertahan dan Berkembang Sebagai Perusahaan Retail Multi Lokasi

image

Mengelola dan mengembangkan manajemen toko ritel bukanlah sesuatu yang sederhana, dan ketika bisnis ritel berkembang menjadi bisnis multi-lokasi, otomatis akan membutuhkan proses pengelolaan yang lebih rumit.

Setiap bisnis yang ingin tumbuh dan berkembang perlu memiliki beberapa proses yang solid untuk memastikan operasi sehari-hari berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu pengusaha ritel mengelola toko di beberapa lokasi toko ritel. Kiat-kiat ini dibagi menjadi 5 poin utama, yang antara lain :

  • Prosedur operasi standar
  • Sumber Daya Manusia
  • Komunikasi yang baik
  • Teknologi dan software
  • Keamanan

1. Prosedur Operasi Standar

Prosedur Operasi Standar / standard operating procedure (SOP) adalah salah satu cara untuk mengelola beberapa lokasi toko ritel adalah dengan menggunakan prosedur operasi standar yang sama di semua toko.

Pastikan semua operasional toko berjalan dengan lancar, meskipun pemilik tidak bisa hadir secara langsung untuk memantau setiap toko secara bersamaan. Prosedur yang diterapkan di setiap toko dapat mencakup aktivitas seperti:

  • Penanganan keluhan pelanggan
  • Diskon dan promosi
  • Sistem pengembalian produk
  • Komunikasi pelanggan
  • Pengalaman pelanggan.

2. Sumber Daya Manusia

Rekrut staff retail yang kompeten untuk menghasilkan toko yang hebat. Staf yang profesional dan andal adalah hal lain yang harus dimiliki.

  • Pekerjakan orang yang dapat dipercaya untuk mewakili mengelola toko ritel. Pastikan semua karyawan kompeten dan mampu bekerja secara profesional. Pelatihan berkala penting untuk meningkatkan keterampilan karyawan, terutama bagi mereka yang menangani pelanggan secara langsung setiap hari,

  • Memberikan preferensi kepada karyawan yang memiliki kemampuan untuk bersikap profesional dan sopan dalam kondisi apapun. Kompetensi adalah sifat yang harus selalu Anda cari juga.

  • Berikan karyawan pelatihan yang tepat juga. Karyawan perlu memahami tujuan perusahaan dan sebagai benefitnya harus membuat mereka bahagia.

  • Perhatikan juga kesejahteraan karyawan. Pastikan mereka selalu menerima gaji, insentif, dan tunjangan yang baik.

Intinya adalah tidak mungkin menjalankan bisnis ritel multi-toko yang sukses tanpa orang yang tepat yang bekerja bersama Anda

3. Biasakan Cara Berkomunikasi yang Baik

Menjalankan banyak toko menuntut pendekatan komunikasi yang baik di seluruh bisnis juga. Mulai menjalin komunikasi secara reguler dengan staff yang ada di toko baik itu terkait rencana strategi perusahaan, atau sekedar menyapa dan berkomunikasi ringan untuk membuat mereka merasa selalu dekat dengan atasan. Dengan jalinan komunikasi yang baik, maka proses koordinasi akan berjalan dengan lancar dan SOP yang diharapkan bisa diterapkan dengan konsisten.

4. Gunakan Teknologi dan Software Point of Sales (POS) yang Tepat

Teknologi dan Software Point of Sales (POS) terus berkembang menjadi alat kontrol utama dalam bisnis retail modern. Sejumlah solusi dan penawaran yang ditawarkan tidak semua bisa kita terapkan untuk mengelola beberapa toko ritel.

Semakin toko ritel berkembang, semakin perusahaan akan membutuhkan teknologi dan software yang tepat untuk tetap berada sesuai jalur dan aktivitas ritel utama di setiap lokasi. Memodernisasi Sistem POS adalah langkah pertama yang paling tepat.

5. Selalu Perhatikan Keamanan Toko

Keamanan selalu penting bagi toko ritel. Teknologi keamanan modern dapat membantu menjaga keamanan saat mengelola banyak lokasi sekaligus meningkatkan kinerja toko. Pertimbangkan hal berikut untuk toko Anda:

  • CCTV Kamera video harus dimiliki untuk pengawasan dan juga dapat digunakan untuk melihat langsung, kontrol akses, dan pengiriman di luar jam kerja.

  • Kontrol akses toko: Kamera dapat digunakan bersama dengan teknologi lainnya seperti kontrol akses. Pemilik toko ritel dapat menggunakan kamera untuk mengidentifikasi orang yang dikenal seperti petugas pengiriman atau karyawan untuk membuka kunci pintu dari jarak jauh. Penggunaan keycard juga dapat meningkatkan keamanan di seluruh toko.

  • Teknologi Kontrol Pencahayaan : Dengan sistem pencahayaan modern, dapat mengelola penggunaan energi di beberapa lokasi. Misalnya, manajer toko dapat menyetel pencahayaan agar sesuai dengan jam buka dan tutup serta menurunkan penggunaan energi dari alat tersebut saat toko kosong.

Membuka cabang atau lebih lokasi bisnis ritel adalah sesuatu yang sangat membanggakan. Ini berarti bisnis ritel berkembang, membuka diri dan merespon kebutuhan pasar yang lebih besar, dan meraih lebih banyak peluang untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan.

Baca Juga : Cara Menemukan dan Menarik Staff Ritel yang Tepat

turboly.com