Cara Menemukan dan Menarik Staff Ritel yang Tepat

image

Sumber daya manusia adalah salah satu kunci sukses perusahaan ritel. Tetapi tidak bisa kita pungkiri untuk saat ini menemukan karyawan ataupun mempertahankan staf ritel yang tepat dalam perusahaan tidaklah mudah. Mari kita lihat beberapa alasan utama mengapa banyak toko ritel mengalami kesulitan dalam mempekerjakan karyawan yang tepat didalam usahanya.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menemukan orang yang tepat. Berikut adalah tiga cara untuk menemukan dan menarik minat sumber daya manusia yang potensial untuk bergabung dalam perusahaan ritel kita :

1. Iklan Rekrutmen

Iklan rekrutmen adalah salah satu cara yang dapat dicoba. Perusahaan Ritel harus membuat daftar jobdesk dengan jelas dan kriteria kandidat secara spesifik agar calon kandidat bisa memutuskan apakah mereka cocok untuk lowongan tersebut atau tidak.

2.Melalui Referensi

Salah satu cara terbaik untuk menemukan karyawan ritel yang baik adalah dengan menggunakan referensi. Karyawan yang sudah ada, dapat membantu menemukan kandidat yang tepat menggunakan pengalaman dan pengetahuan . Referensi karyawan membantu menemukan kandidat yang dapat dipercaya dan akan lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja.

3. Platform media sosial

Manfaatkan media sosial perusahaan dan buatlah lowongan melalui itu. Kemudian mintalah karyawan untuk membagikan lowongan pekerjaan itu di media sosial mereka seperti Instagram atau komunitas yang mereka ikuti, karena mungkin karyawan sudah memiliki kandidat sendiri yang memiliki visi dan misi sama dengan perusahaan sehingga mereka akan membagikan informasi itu ke kandidat yang menurut mereka tepat .

Cara menarik talenta ritel yang tepat dan mempertahankanya, mari kita lihat lebih dekat apa yang dapat kita lakukan untuk menarik karyawan ritel yang tepat.

  • Buat para kandidat terkesan. Beberapa perusahaan cenderung mengungkapkan sedikit mungkin informasi tentang perusahan mereka karena ada alasan-alasan tertentu. Namun, saat ini tidak sedikit kandidat yang tertarik lebih dari pada sekedar gaji, maka memberikan informasi positif tambahan tentang perusahaan bisa menjadi suatu keunggulan secara kompetitif.

  • Tawarkan gaji yang lebih baik> Berikanlah citra yang baik, salah satu caranya adalah dengan menjadikan perusahaan sebagai tolak ukur atau benchmark gaji yang lebih tinggi dari ritel lain. Buatlah mereka yakin bahwa mereka bisa menggapai impianya saat bergabung dengan perusahaan kita.

  • Memberikan Benefit yang baik. Perusahaan yang memberikan benefit akan meningkatkan komitmen karyawan terhadap pekerjaan. Karyawan yang mendapat benefit biasanya akan memiliki fokus, semangat, produktivitas yang tinggi serta loyalitas karyawan meningkat terhadap pekerjaan dan perusahaan.

Bagaimana Sistem Point of Sale (POS) dapat mendukung proses perekrutan dan mempertahankan karyawan ?

Sistem POS Ritel juga dapat membantu dalam proses perekrutan. Sistem POS yang diintegrasikan dengan Sistem HR & Payroll dapat digunakan untuk melacak jam masuk, memberi staf kemampuan untuk melatih keterampilan utama bisnis ritel seperti manajemen inventory, diskon dan promosi, serta merchandising. Jika perusahaan memiliki organisasi yang kuat dan terstruktur mulai dari kantor pusat hingga ke toko ritel dapat membantu menciptakan reputasi tinggi sebagai perusahaan. Dan Sistem POS adalah bagian penting dari proses bisnis perusahaan ritel.

Baca Juga : Sederetan Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Store Manager

turboly.com