Cara Menggunakan Sistem POS di Bisnis Ritel

image

Sistem point of sale (POS) bisa dibilang merupakan komponen terpenting yang wajib dimiliki di toko ritel. Sistem POS membantu mencatat penjualan dan menerima pembayaran hingga melacak inventaris dan menyimpan profil pelanggan, sistem POS yang tepat dapat membuat bisnis ritel Anda berjalan dengan sangat baik.

Setiap Sistem POS memiliki solusi berbeda, jadi tidak ada satu cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana menggunakan sistem POS. Tetapi sebagian besar solusi modern saat ini memiliki fungsi umum serupa yang harus diketahui.

Cara menggunakan sistem POS untuk meningkatkan penjualan

Fungsi utama POS Anda adalah untuk mencatat penjualan, jadi perlu membiasakan diri dengan tampilan layar penjualan sistem POS. Setiap solusi berbeda, tetapi secara umum, Sistem POS akan memungkinkan mencatat penjualan menggunakan langkah-langkah berikut:

Menambahkan item – Ini adalah langkah pertama dari proses transaksi. Tergantung pada bagaimana sistem diatur, menambahkan item dapat dilakukan dengan:

  • Scanner Barcode
  • Mencari item di layar POS (sistem POS memiliki bilah pencarian / fungsi pencarian produk)
  • Menggunakan “Shortcut” atau “Tombol Cepat”

Dari sana, dapat disesuaikan jumlahnya tergantung pada berapa banyak unit yang dibeli pembeli.

Pemberian diskon – Saat menjalankan promosi atau ingin menerapkan diskon ke item baris atau seluruh transaksi, harus dapat menggunakan Sistem POS untuk melakukannya. Jika sistem POS tidak memiliki fitur ini, lihat apakah itu memungkinkan untuk menyesuaikan harga barang secara manual.

Menerima pembayaran – Ini adalah bagian dimana transaksi dibayar. Hampir semua sistem POS memiliki kemampuan untuk menerima uang tunai atau kartu kredit, sehingga proses menerima jenis pembayaran ini cukup mudah.

Karena itu, solusi lain memungkinkan untuk menawarkan opsi pembayaran tambahan termasuk:

  • Gift Card/ Voucher – Jika menjual kartu hadiah, pastikan kartu tersebut terintegrasi dengan Sistem POS sehingga dapat menerimanya sebagai bentuk pembayaran. Beberapa Sistem POS memiliki kemitraan dengan perusahaan penerbit kartu hadiah.

  • Pay Later – Sesuai namanya, “beli sekarang, bayar nanti” adalah layanan yang memungkinkan pelanggan membawa pulang barang segera dan kemudian membayarnya dengan mencicil bulanan. Di Indonesia pembayaran ini sangat populer, “beli sekarang, bayar nanti” dengan cepat mendapatkan popularitas, terutama di kalangan pembeli Milenial dan Gen Z.

  • Program Point Loyalitas – Jika Toko memiliki program loyalitas, juga dapat mengambil poin loyalitas atau hadiah sebagai bentuk atau pembayaran.

Tambahkan catatan – Terakhir, jika perlu menambahkan catatan khusus pada transaksi (misalnya, jika pelanggan memiliki permintaan khusus atau mengirimkan barang ke alamat mereka), dapat ditambahkan detail tersebut sebagai catatan.

Baca Juga : Apa Itu Flash Sale?

turboly.com