Mengapa Sistem Manajemen Persediaan Harus Terintegrasi Dengan Sistem CRM

image

Apa itu Sistem CRM?

Sistem CRM (Customer Relationship Management) adalah sistem yang mendukung strategi perusahaan dalam menjalin interaksi dengan pelanggan. Sistem CRM menyimpan semua informasi berkaitan dengan pelanggan termasuk details pencatatan penjualan, channel penjualan, yang dapat digunakan untuk membuat materi pemasaran. Di sisi lain, sistem manajemen persediaan hanya terbatas untuk mengelola operasional bisnis khususnya manajemen persediaan.

Dengan software CRM telah terbukti bermanfaat bagi bisnis dalam merampingkan berbagai prosedur perusahaan dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang customer-oriented. Itulah mengapa Customer Relationship Management (CRM) memegang peranan sangat penting dalam bisnis apapun, mengingat bahwa CRM membahas tentang pelanggan dan bagaimana menjalin hubungan dengan mereka. Pelanggan yang puas tentu tidak akan ragu untuk merekomendasikan produk kepada orang sekitar. Sebaiknya Anda simak beberapa alasan mengapa CRM begitu penting untuk bisnis Anda di bawah ini.

Memberikan Perhatian Kepada pelanggan

Pelanggan sangat penting bagi bisnis untuk berfungsi, dan pelanggan adalah aset perusahaan yang paling berharga. Seberapa efektif memahami kebutuhan customer? Apakah Anda tahu kapan ulang tahun customer dan peristiwa penting lainnya dalam hidup mereka?

Mengintegrasikan Sistem Manajemen Persediaan dengan software CRM akan memberikan perspektif 360 derajat yang lengkap mengenai pelanggan yang meliputi preferensi pelanggan, kebutuhan, minat, pola pembelian, riwayat pembelian, kebiasaan belanja, demografi, usia, jenis kelamin, apa yang suka dan tidak suka, riwayat pesanan, pembayaran detail, dan sebagainya semuanya dapat dikumpulkan dan ditampilkan sesuai kebutuhan.

Akses Cepat dan Mudah ke data Pelanggan

Tim layanan pelanggan dapat secara efektif menggunakan solusi sistem CRM terintegrasi dengan software manajemen persediaan untuk memiliki akses instan ke informasi pelanggan dan informasi tentang stok persediaan, pengiriman, riwayat pesanan, retur, pembayaran, harga, dan sebagainya.

Mengurangi Human Error

Perusahaan yang masih mengandalkan proses manual dalam menangani berbagai prosedur bisnis akan banyak memakan waktu dan meningkatkan resiko kesalahan. Saat ini perusahaan dapat meningkatkan produktivitas mereka dengan mengurangi beberapa aktivitas bisnis dan mengotomatiskan alur kerja dengan bantuan solusi terintegrasi.

Otomatisasi Penjualan

Otomatisasi Penjualan adalah istilah yang mengacu pada teknologi yang ditujukan untuk meningkatkan pengelolaan penjualan yang dihasilkan oleh staff penjualan. Karena sebagian besar transaksi yang sudah selesai dikelola oleh tim sales dan seringkali lebih kompleks dan panjang daripada, transaksi sederhana yang dilakukan pelanggan di toko ritel.

Baca Juga : Apa Metode Persediaan Ritel?

www.turboly.com