Produk Serial Untuk Pelacakan Persediaan

image

Apa itu Produk Serial?

Produk Serial dalam pelacakan persediaan adalah metode mengidentifikasi suatu barang dengan tanda atau kode yang mengidentifikasi identifikasi unik. Nomor seri biasanya merupakan kombinasi angka, huruf dan karakter khusus. Saat terjadi pergerakan barang dari gudang, nomor seri akan digunakan untuk mengidentifikasi produk yang diinginkan.

Apa itu Produk Serial persediaan, dan bagaimana cara kerjanya?

Produk Serial persediaan adalah prosedur yang memungkinkan untuk melacak unit stok menggunakan nomor seri.

Terlepas dari jenis persediaan yang dikelola oleh perusahaan, sistem pelacakan yang kuat sangat penting. Untuk tujuan manajemen persediaan, sistem manajemen persediaan serial membantu perusahaan dalam melacak setiap produk secara ketat.

Bagi perusahaan retail ponsel dan produk elektronik persediaan memiliki nilai yang tinggi sehingga membutuhkan perawatan dan pengelolaan yang khusus serta harus memiliki garansi sehingga dalam mengelola sebuah persediaan harus diperiksa dan dilacak secara menyeluruh. Produk Serial dalam pelacakan persediaan produk semacam itu dalam manajemen persediaan membantu pelacakan setiap barang sejak awal masuk ke gudang hingga akhirnya terjual kepada customer.

Apa alasan utama mengapa Produk Serial persediaan sangat penting? Sekarang mari kita membahas pada pentingnya manajemen persediaan serial:

  • Kontrol Kualitas: Produk Serial dalam pelacakan persediaan membantu menjaga kualitas dalam proses manufaktur dan perakitan. Kita dapat menggunakan Produk Serial item individual yang terkait dengan batch untuk melacak setiap batch dari proses produksi. Produk Serial memudahkan untuk mengidentifikasi produk dan menentukan tanggal pembuatan atau tanggal pengemasan, sehingga memudahkan pengecer untuk menangani proses kontrol kualitas.
  • Pelacakan: Produk Serial memudahkan untuk melacak produk dan menentukan produksi atau batch perakitan mana, serta memiliki semua informasi yang relevan yang tersedia.
  • Garansi: Jika produk Anda dilengkapi dengan garansi, Anda harus berinvestasi dalam Produk Serial manajemen persediaan. Objek berseri dapat dengan mudah dilacak kembali ke batch dan tanggal pembuatan, membuat garansi dan manajemen persediaan menjadi mudah.
  • Verifikasi Kepemilikan Produk: Objek berseri dapat dibedakan dari barang palsu, dan kami dapat melacak pemilik produk dengan mudah.
  • Penarikan Produk: Jika masalah produk ditemukan di akhir siklus penjualan, Anda dapat mengidentifikasi semua barang dari batch tersebut dan menarik kembali serta memvalidasinya menggunakan nomor seri yang terkait dengan item tersebut.

Apa cara terbaik untuk membuat serial persediaan?

Untuk membuat serial persediaan, setiap item produk diberi nomor seri yang sifatnya unik yang memungkinkannya dibedakan dari stok satu dengan lainnya. Produk berserial memiliki dua pengidentifikasi: SKU, yang menentukan jenis item, dan nomor serial unik, yang mengidentifikasi setiap item tertentu dalam persediaan.

Apa Cara Terbaik Untuk Mengelola persediaan Berseri?

Saat menerima barang baru, akan mencatat kuantiti yang diterima. Langkah selanjutnya adalah menetapkan setiap objek nomor seri yang unik. Pastikan nomor seri tertulis pada produk untuk melacaknya. Saat melacak nomor seri mana yang telah keluar saat mengirimkan persediaan. Catat nomor seri barang yang dikirim untuk melakukannya.

Lakukan penghitungan persediaan secara teratur dengan memeriksa nomor seri dan membandingkan data dengan daftar nomor seri di catatan. Ini diperlukan untuk memeriksa kehilangan dan pencurian.

Manfaat Produk Serial dalam pelacakan persediaan sangat banyak dan jelas. Setiap bisnis harus tahu persis di mana produknya, kepada siapa dijual. Dengan melacak nomor seri, bisnis dapat melakukan penyesuaian pada proses manajemen persediaan dan menghindari kesalahan.

Cara terbaik mengelola produk Serial adalah dengan menggunakan Sistem ERP yang memiliki fitur Management Serial. Dengan menggunakan Sistem ERP seperti Turboly, mengelola serial bisa dilakukan dengan mudah, Turboly memiliki fitur pencatatan serial mulai dari sejak serial diterima hingga keluar dijual ke customer.

Baca Juga : Pelacakan Nomor Serial pada Inventory

turboly.com