5 Skill yang Harus Dimiliki Store Manager

image

Penting untuk memiliki individu yang sangat kompeten yang dapat mengelola toko ritel dan memastikan mereka berkembang. Untuk itu, berikut adalah daftar keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang store manager

Skill kepemimpinan

Ada banyak faktor yang berperan dalam hal kepemimpinan ritel. Sebagai seorang pemimpin, penting untuk bersikap empati terhadap tim. Selain itu harus memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang di tempat mereka berada, sehingga dapat menemukan cara terbaik untuk membantu mereka mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Pengelolaan

Retail Store Manager membawahi beberapa bagian dalam toko. Sehingga wajib memiliki pengetahuan yang cukup di setiap area bisnis. Untuk menjadi Retail Store Manager yang efektif, pastikan memahami cara kerja toko, terutama dalam hal:

  • Operasi. Apa proses utama toko? Bagaimana mereka bekerja? Apakah prosedur tersebut didokumentasikan? Ini hanyalah beberapa pertanyaan yang perlu dijawab untuk mengelola operasi bisnis secara efisien.

  • Sumber Daya Manusia. Kenali setiap anggota tim dan peran mereka. Perlu diberi tahu tentang apa yang dilakukan setiap posisi serta KPI yang diperlukan untuk berhasil.

  • Pelanggan. Retail Store Manager juga perlu menghadapi pelanggan toko, jadi pastikan memiliki pegangan yang kuat pada berbagai karakter pelanggan. Ini juga membantu untuk mengenal pelanggan tetap, sehingga dapat mengembangkan hubungan dengan mereka untuk mendorong loyalitas dan rujukan pelanggan.

  • Inventory. Barang fisik adalah kunci penting dalam bisnis ritel. Itulah mengapa penting untuk memiliki informasi dan pengetahuan yang kuat pada stok. Ketahui staff penjualan yang paling produktif, kategori produk terlaris, dan area display untuk menjaga toko tetap penuh dengan produk yang tepat.

Komunikasi

Sebagai manajer ritel, harus sering kali perlu berbicara dengan tim, pelanggan, dan supplier. Untuk memastikan interaksi ini berjalan lancar, harus mahir menyerap dan menyampaikan informasi.

Pelayanan pelanggan

Layanan pelanggan yang hebat dapat terlihat berbeda dari satu situasi ke situasi lainnya. Dalam beberapa kasus, melayani pelanggan dapat berarti membantu mereka menemukan produk yang tepat. Dalam kasus lain, ini semua tentang memperbaiki kesalahan atau pengalaman buruk.

Tim Leader

Bekerja di ritel mengalami berbagai macam situasi. Beberapa pelanggan bisa bersikap kasar. Penurunan penjualan terjadi dari waktu ke waktu. Masalah-masalah ini dapat menyebabkan moral tim yang rendah. Sebagai Retail Store Manager, harus terampil memberdayakan dan memotivasi tim, baik di saat senang maupun susah.

Baca Juga : Sederetan Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Store Manager

turboly.com