7 Fitur yang Harus Dimiliki dari Software ERP Bengkel

image

Mencapai kesuksesan bisnis sangat penting dalam industri otomotif yang berkelanjutan memerlukan standar layanan tertinggi. Keberhasilan mengelola operasional dan eksternal serta perilaku pelanggan dapat mengubah bisnis otomotif menjadi unggul. Tujuan utama dari sistem ERP bengkel adalah untuk meningkatkan visibilitas di seluruh bisnis, mendorong kolaborasi setiap bagian, menyatukan sistem dalam satu platform, dan menjaga agar komunikasi akan selalu terhubung.

Mengapa Software ERP Penting untuk Industri Otomotif?

Software ERP Bengkel sebagai solusi manajemen operasional bengkel yang paling komprehensif dan efisien. Setelah implementasi yang sukses, Software ERP bengkel menyediakan data di seluruh bagian. Dengan Software ERP Bengkel, tidak ada lagi sistem yang berbeda untuk mengelola proses bisnis secara keseluruhan.

Software ERP Bengkel dapat mengumpulkan banyak informasi real-time tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan penjualan, servis kendaraan hingga Inventory dan Piutang dalam satu platform. Manfaat dari data yang dihasilkan tidak hanya untuk memantau efektivitas proses secara keseluruhan dan menganalisis produktivitas bisnis, tetapi juga untuk menyelesaikan semua masalah bisnis lainnya. Dengan demikian, tidak ada waktu terbuang untuk mengumpulkan data dari beberapa sistem yang berbeda untuk menghasilkan laporan, jadi pemilik bengkel memiliki kontrol lebih besar atas operasi bisnis.

Dengan ERP untuk industri otomotif, akan dapat menghemat banyak biaya operasional, lebih memahami kondisi optimal untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan mengurangi kelebihan sumber daya. Selain itu, kemampuan untuk mengakses dan menganalisis data bisnis akan memungkinkan untuk membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan inisiatif penjualan dan mengirimkan kendaraan yang diservis tepat waktu.

Meskipun solusi ERP sarat dengan seperangkat fungsi yang mampu meningkatkan operasi bisnis. Tetapi pada saat yang sama, tidak setiap fungsi penting untuk bisnis, maka dari itu penting untuk mengetahui fitur mana yang akan memberi banyak keuntungan.

Berikut adalah beberapa fitur utama yang perlu dipertimbangkan:

Inventory Management

Dengan beberapa peningkatan yang tersedia di bengkel, diharapkan bengkel memiliki persediaan suku cadang yang cukup untuk servis. Jenis suku cadang yang beragam untuk setiap model mobil dapat mempersulit bisnis otomotif saat melacaknya dan menjaga keseimbangan permintaan dan pasokan.

Software ERP bengkel dengan sistem manajemen persediaan yang kuat akan membantu mencatat catatan kebutuhan pelanggan dan atas dasar itu, bengkel dapat mempertahankan tingkat stok yang sesuai. Hal ini akan menjamin untuk mencapai pengiriman pesanan yang lebih lancar dan layanan tepat waktu.

Pelaporan dan Analisis

Semua hal tidak selalu berjalan sesuai rencana, terutama ketika bengkel memiliki ketergantungan pada supplier tertentu. Tantangan dalam menangani kekurangan suku cadang dan kendaraan yang tidak terjual.

Manfaat ketika memiliki alat pelaporan dan analisis data dalam sistem ERP Bengkel, bengkel akan memiliki banyak informasi yang disimpan untuk membantu mengatasi masalah ini. Berbekal informasi dan data yang akurat dapat memprediksi perubahan dan menyesuaikannya lebih awal. Dengan demikian, kita dapat mempersiapkan persediaan dengan suku cadang atau jenis kendaraan yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan.

Penjadwalan dan Reservasi Layanan

Tanpa sistem yang efisien, mempertahankan kebutuhan servis untuk beberapa kendaraan yang memasuki bengkel sulit dan mekanik semakin sibuk jika jadwal servis tidak beraturan . Ini tidak hanya mempengaruhi keharmonisan tim, tetapi juga mengakibatkan penundaan waktu servis yang mengarah pada pengalaman pelanggan yang tidak memuaskan.

Software ERP dengan fitur penjadwalan layanan dan reservasi mengotomatiskan proses dan melacak perintah kerja (service work order). Saat permintaan layanan dicatat dengan benar, alokasi sumber daya menjadi lebih mudah. Ini membantu dalam menjadwalkan perawatan atau perbaikan kendaraan sesuai dengan kenyamanan pelanggan dan ketersediaan mekanik, dengan demikian akan menghindari penumpukan jadwal saat bersamaan.

Tujuan inti dari software ERP untuk bengkel adalah untuk memberikan efisiensi bisnis, mengurangi biaya operasi dan memaksimalkan keuntungan. Ini hanya dapat dicapai jika sistem ERP diaktifkan dengan fungsionalitas dan fitur yang tepat.

Dengan Sistem ERP Bengkel Turboly, pemilik bisnis bengkel mendapatkan sistem ERP yang tepat dengan fitur yang sesuai, diimplementasikan dengan benar.

Baca Juga : Mengenal Sistem Manajemen Bengkel?

turboly.com